Berita

FDK UINSA NEWSROOM – Selasa (12/9) Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UINSA menyelenggarakan kegiatan “Silaturahim Akademik FDK dengan Orangtua Wali Mahasiswa Baru 2023“. Diselenggarakan di Gedung Auditorium UINSA, acara ini mengundang seluruh wali dari mahasiswa baru 2023. Sebanyak 350 wali mahasiswa dari total 605 mahasiswa baru hadir secara langsung, sedangkan sisanya hadir secara online. Dimulai pada pagi hari, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) FDK yakni Qosfada unjuk diri sebagai pembuka dari acara ini. Terlihat antusiasme mahasiswa baru FDK saat menghadiri kegiatan ini, dimana mereka memadati area tribun atas seraya menyapa wali mereka yang tengah duduk di area hall.

Dalam sambutannya, Dekan FDK UINSA Dr. Moch. Choirul Arif, S.Ag., M.Fil.I menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan positif untuk menjalin silaturahim lebih dalam antar civitas akademik dengan orang tua mahasiswa.

“Kami berusaha menjaga kualitas, memberikan fasilitas, memberikan kualitas pendidikan dengan pertukaran mahasiswa” ujarnya.

Adanya upaya ini diharapkan mampu memberikan fasilitas yang terbaik melalui pembelajaran di bangku perkuliahan.

 “Kita perlu adanya kerja sama untuk mengarahkan dan mengorientasikan masa depan mahasiswa,” tambahnya.

Dekan FDK UINSA juga berpesan bahwa orang tua perlu memikirkan mengenai keberlanjutan studi yang dilakukan oleh anaknya. Dimana orang tua menjadi pondasi dalam semangat belajar, maka dari itu peran orang tua menjadi penting agar anak merasa dianggap dan tidak memilih keputusan ekstrem seperti drop out ataupun alasan lain. Dengan begitu, pihak fakultas tidak lepas tangan terhadap mahasiswanya dan merawat seperti anak sendiri.

Karena acara silaturahim bersama wali mahasiswa menjadi yang pertama di UINSA, FDK menjadi pelopor kegiatan ini. Wakil rektor III Bidang Kerja Sama dan Kemahasiswaan UINSA Prof. Dr. Abdul Muhid, M.Si menyampaikan bahwa adanya kegiatan ini dapat ditularkan dan harus diikuti oleh sembilan fakultas lainnya. “Kegiatan ini kami support dan dukung karena kegiatan ini amat penting,“ tambahnya.

Tidak hanya berjalan satu arah, silaturahim ini menjadikan kegiatan yang bermanfaat sebab ada interaksi antar dosen dan orang tua mahasiswa. Beberapa wali mahasiswa menyampaikan suaranya mengenai kegiatan perkuliahan sang anak mulai dari pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT), cara pembelajaran atau penugasan yang didapatkan, hingga memberikan motivasi kepada sesama orang tua dan mahasiswa.

Nur Farida, salah satu dari seorang wali mahasiswa dari program studi BKI (Bimbingan Konseling Islam) mengatakan bahwa ia sepenuhnya mendukung adanya kegiatan ini. Ia yang juga selaku Alumni UINSA menjelaskan bahwa kegiatan ini menjadi kegiatan positif dimana wali mahasiswa bisa tahu hiruk-pikuk perkuliahan.

“Biar kita gak hanya tau bayar bayar aja, tapi kita tahu sama dosen atau keluarga di FDK siapa saja“ tambahnya.

Pada acara ini, para mahasiswa dan orangtuanya mendapatkan motivasi dari dua guru besar FDK UINSA, Prof. Dr. Nur Syam, M.Si. dan Prof. Dr. Moh. Ali Aziz, M.Ag. Dua guru besar FDK UINSA itu memberikan pengarahan dan motivasi kepada orangtua mahasiswa tentang pentingnya keterlibatan orangtua dalam proses perkuliahan anak.

Acara ditutup dengan interaksi antara para wali mahasiswa dengan ketua dan sekretaris program studi masing-masing. Mereka saling berinteraksi secara langsung sehingga bisa saling tukar pendapat mengenai perkembangan sang anak yang sedang menempuh proses pendidikan.  

Jurnalis: Syifa‘ Yahyania Awim Tasya