Berita

@Psikologi dan Kesehatan

Friday, 21 January 2022

Fakultas Psikologi dan Kesehatan UINSA Gelar Seminar Resiliensi Ketahanan Keluarga Saat Pandemi Covid-19

Surabaya- Seminar dengan tema Resiliensi Ketahanan Keluarga di Era Pandemi digelar pada Jumat (21/01/2022) di Auditorium lantai 2 Gedung Fakultas Psikologi dan Kesehatan UIN Sunan Ampel Surabaya dengan tujuan untuk memberikan pemahaman dalam menghadapi masa – masa sulit dalam keluarga di masa pandemi. 

Acara dimulai pukul 08:30 WIB ini dipandu oleh Endang Wahyuni, S.Ag., M.Psi sebagai MC dan dihadiri oleh Dharma Wanita Persatuan sebagai peserta seminar. Diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia raya dan mars Dharma Wanita, kemudian dilanjutkan sambutan oleh perwakilan Dharma Wanita Persatuan (DWP). Dan dibuka dengan do’a untuk kelancaran jalannya seminar pagi tadi. 

Selanjutnya, Dr. Nailatin Fauziyah, S.Psi, M.Si., sebagai pengisi acara menyampaikan materi yang didampingi oleh Ibu Dekan, Dr. dr. Hj. Siti Nur Asiyah, M. Ag. Sesuai dengan tema webinar, Ibu Nailatin Fauziyah menjelaskan bahwa, “Resiliensi adalah ketika dalam situasi sulit, dia bisa bangkit dan bisa menjadi lebih baik lagi. yg menjadi dasar relisiensi keluarga yaitu keyakinan (aspek agama)” 

Dalam materi power point, dosen Psikologi tersebut menekankan perihal Hal – hal yang terdampak ketika pandemi, pandemi covid 19 sebagai inspirasi perubahan personal (perspektif, emosi, spiritual religius, perilaku), mengidentifikasi ketahanan keluarga terancam karena pandemi. Serta mengaktualisasikan 8 fungsi keluarga yang meliputi; agama, sosial budaya, cinta kasih, perlindungan, reproduksi, sosialisasi pendidikan, ekonomi, dan lingkungan. 

“Mari membangun dunia damai yang dimulai dari diri kita sendiri” terang Ibu Nailatin Fauziyah di sela-sela materinya. 

Setelah penyampaian materi selesai, Ibu Endang Wahyuni memberikan kesempatan kepada peserta untuk bertanya sesuai dengan materi yang telah dijelaskan. Kemudian, pada penghujung acara terdapat arisan serta demo make up dari wardah. Acara ditutup pada pukul 11:30 WIB dengan melakukan sesi foto bersama