Berita

Prigen, Pasuruan – (01/10/2024) Membersamai langkah transformasi akademik Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA), Fakultas Psikologi dan Kesehatan (FPK UINSA) turut hadiri rangkaian pleno final ke-6 dengan bahasan Penetapan Homebase dan Bidang Ilmu Penugasan/Kepakaran Dosen.

Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari ini, dihadiri langsung oleh Prof. Akh. Muzakki, M.Ag., Grad.Dip.SEA., M.Phil., Ph.D. selaku Rektor UINSA, Tim Komite Integritas Akademik UINSA, Prof. Abdul Muhid, M.Si. selaku Wakil Rektor III, Kepala Biro, Direktur Pascasarjana, Dekan, Wakil Dekan I dan II, Kepala Bagian dan Ketua Tim di Kantor Pusat, serta Kepala Bagian Tata Usaha Fakultas.

Adapun perwakilan FPK dalam kegiatan ini yakni Dr. phil. Khoirun Niam selaku Dekan FPK, Dr. Suryani, S.Ag., S.Psi., M.Si. selaku Wakil Dekan I, Dr. S. Khorriyatul Khotimah, M.Psi., Psikolog selaku Wakil Dekan II, dan Markus, S.Pd, M.Pd. selaku Kepala Bagian Tata Usaha.

Lantunan surah Al-Mulk yang dibacakan oleh Dr. H. Muhammad Lathoif Ghozali, Lc., M.A. selaku Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam menjadi pembuka yang mengawali berlangsungnya kegiatan ini. Selanjutnya, Prof. Akh. Muzakki, M.Ag., Grad.Dip.SEA., M.Phil., Ph.D. dalam sambutannya menjelaskan bahwa akan ada dua misi yang harus dicapai dalam waktu dua bulan, yakni penataan homebase dan transformasi layanan akademik.

“Dalam bulan September hingga Oktober ini, kita akan melakukan dua transformasi yang cukup besar berkenaan dengan penataan ulang homebase dosen, serta transformasi tata kelola akademik dengan mengintegrasikan kebutuhan-kebutuhan akademik kita ke dalam satu buah aplikasi,” terang Prof. Muzakki.

Prof. Muzakki menyebut, transformasi ini perlu dilakukan dalam rangka memetakan kebutuhan dan bidang kepakaran dosen. Hal ini bermuara pada tujuan yang lebih besar membantu jenjang karir dosen dan memperbaiki kualitas layanan akademik UINSA ke depannya. Sementara itu, melihat banyaknya aplikasi yang digunakan baik oleh mahasiswa maupun dosen untuk mengakses informasi akademik, Prof. Muzakki berharap ke depannya seluruh kebutuhan akademik tersebut dapat dikemas menjadi lebih sederhana dengan web-based yang dinilai akan lebih mempermudah akses kebutuhan akademik.

Rangkaian hari pertama Pleno Final ke-6 yang dilaksanakan di Senyiur Hotel Prigen ini kemudian dilanjut dengan pemaparan oleh masing-masing Fakultas serta Pascasarjana. Validasi dilakukan secara langsung oleh Rektor UINSA, dan Tim Komite Integritas Akademik UINSA yang bertindak sebagai panelis.

Melalui kegiatan ini, transformasi akademik UINSA diharapkan dapat memberi dampak positif bagi pengembangan kapasitas dosen, serta meningkatkan kualitas layanan akademik bagi seluruh mahasiswa.

Writer: Septi Nur Azizah
Editor: M. Ata Zaidan Taufiqi