Berita

Sebagai bentuk pengabdian masyarakat, dosen dan mahasiswa Magister PAI mengadakan pendampingan implementasi kurikulum merdeka dengan madrasah. Acara tersebut dikemas dalam bentuk workshop di Gedung Serbaguna lantai 3, Twin Towers B UIN Sunan Ampel Surabaya (22/12).

Kegiatan dimulai pukul 08.00 WIB, Pendampingan Implementasi Kurikulum Merdeka ini dihadiri oleh Wakil Direktur Pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya, Dr. H. Hammis Syafaq, M.Fil.I, dan dosen pengampu Mata Kuliah Pengembangan Kurikulum PAI yaitu Dr. Hanun Ashrohah, M.Ag. dan Prof. Dr. Hj. Husniyatus Salamah Zainiyati,M.Ag., serta puluhan pendidik dari Madrasah Ibtidaiyah di Kabupaten Sidoarjo.

“Pimpinan Pascasarjana sangat mendukung adanya kerjasama lanjutan dengan lembaga mitra tersebut dalam rangka implementasi kurikulum merdeka”, tutur Dr. Hammis.

Kegiatan ini diawali dengan pemaparan materi Kurikulum Operasional Madrasah Filosofi Kurikulum Merdeka yang disampaikan oleh Prof. Husniyah. Para pendidik dari perwakilan madrasah terlihat antusias mengikuti kegiatan, hal ini tampak dari keaktifan ketika sesi tanya jawab berlangsung.

Selain tanya jawab seputar materi yang disampaikan, para pendidik juga berkesempatan melakukan konsultasi permasalah yang dihadapi di madrasah. Bagi pendidik yang sudah menerapkan kurikulum merdeka, mereka membagikan pengalamannya dengan pendidik lainnya.

Materi pembelajaran dan asesmen dipaparkan oleh perwakilan mahasiswa magister PAI, yakni Zakiyatul Nisa’. Selanjutnya materi disampaikan oleh Dr. Hanun, tentang Penyusunan Modul Ajar, Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil’alamin atau P5 dan PPRA.

Pada kesempatan ini, mahasiswa Magister PAI berkesempatan mendesiminasikan hasil project dari Mata Kuliah Pengembanmgan Kurikulum PAI yaitu Modul Ajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak bagi Madrasah Ibtidaiyah yang terdiri dari 3 Fase, Fase A kelas I-II, Fase B Kelas II-IV, Fase C Kelas V-VI. Modul Ajar ini diharapkan dapat memberikan inspirasi bagi para pendidik di madrasah, dalam mengembangakan Tujuan Pembelajaran dan Alur Tujuan pembelajaran maupun Modul Ajar lainnya.

Adanya kegiatan ini diharapkan dapat menjadi tambahan pengetahuan bagi pendidik dalam menerapkan kurikulum merdeka di madrasah atau lembaga masing-masing, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.

“Acara ini diharapkan dapat menginisiasi tindakan lanjutan Implementasi Kurikulum Merdeka”, ucap Dr. Hanun Ashrohah, M.Ag.