Berita

Untuk mendorong ketepatan waktu lulus mahasiswa, Program Studi Hubungan Internasional melaksanakan kegiatan bimbingan skripsi secara intensif bagi mahasiswa semester akhir. Kegiatan tersebut menyasar mahasiswa yang tengah mengambil skripsi pada semester genap tahun 2023. Hadir sebagai peserta 53 mahasiswa yang terdiri dari 18 mahasiswa angkatan 2016  dan 35 mahasiswa angkatan 2017. Program bimbingan skripsi secara intensif ini dimulai Rabu hingga Jum’at 1-3 Maret 2023.

Kegiatan diawali dengan mengumpulkan mahasiswa di aula lantai 5 FISIP UINSA. Semua mahasiswa diminta untuk menulis dan menyampaikan progres pengerjaan masing-masing skripsi dan hambatan yang dihadapi selama proses penulisan pelaporan skripsi. Kemudian, Ketua Prodi dan Sekretaris Prodi mencarikan solusi dan dan memberi arahan terkait dengan masalah-masalah yang dihadapai mahasiswa  selama proses pengerjaan. Tidak hanya meberi solusi, Ketua Prodi dan Sekretaris Prodi juga iku membantu memberi tahu akses referensi untuk kelancaran penulisan skripsi.

Menurut Ketua Prodi HI, Rizki Rahmadani Nurika, bagi mahasiswa yang belum mendapatkan pembimbing pada semister genap 2023, dapat mengawali dengan mengajukan judul skripsi  pada google form yang telah disediakan Prodi, setelah proses pengajuan selesai, Prodi akan menentukan pembimbing dan memberi surat tugas kepada dosen yang bersangkutan untuk melaksanakan tugas bimbingan dan mengarahkan agar mahasiwa tersebut segera berdiskusi dengan dosen pembimbing yang telah dibekali surat tugas bimbingan.

“Mahasiswa yang belum mendapatkan pembimbing bisa langsung isi google form pengajuan judul agar segera mendapatkan pembimbing sesuai spesifikasi dosen” jelasnya.

Ketua Prodi HI, Rizki Rahmadani Nurika, mengaku sedang mencanangkan  kegitan bimbingan skripsi secara intensif ini menjadi program yang berkelanjutan yang dapat dilaksanakan selama satu semester kedepan.

 “jadi mahasiswa masuk ke kelas  sudah disediakan untuk mengerjakan skripsi, dengan setiap dosen pembimbing mendampingi secara bergiliran diluar jam mengajar. Semua mahasiswa yang mengikuti program intensif bimbingan skripsi diharapkan lulus Seminar Proposal pada bulan pertama perkuliahan, sehingga dapat mempersiapkan persyaratan Ujian Akhir (munaqasah) di tengah dan akhir semester.” Jelasnya.

Sementara itu Sekretaris Prodi Hubungan Internasional, Nur Luthfi Hidayatullah mengatakan, bahwa program bimbingan intensif merupakan upaya yang dilakukan prodi untuk meningkatkan semangat mahasiswa dan memperbesar persentase jumlah lulus tepat waktu mahasiswa Hubungan internasional FISIP UINSA. ” prdogram bimbingan intensif ini harapannya bisa menaikkan persantase jumlah mahasiswa lulus tepat waktu di Prodi” ungkapnya

Untuk sekedar diketahu bahwa Prodi Hubungan Internasional  telah menyediakan fasilitas ruang kelas dan bimbingan intensif bagi mahasiswa semester akhir, sehingga diharapkan mahasiswa tersebut termotivasi untuk segera menyelesaikan skripsi.

(luthfi)