Berita

Ms. Cheri, Direktur Eksekutif Pengembangan Program Marketing dan Komunikasi dari The University of Utah, Amerika Serikat, dan Profesor. LuMing Mao, Ketua Departemen  Studi Penulisan dan Retorika yang sekaligus Direktur Inisiatif Internasional di Fakultas Afiliasi Sekolah Tinggi Humaniora, Asian Center, The University of Utah, melakukan penjajakan  kerjasama dengan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Senin,  (04/12/2023)

Penjajakan kerjasama  antara The University of Utah, Amerika Serikat,  dengan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya difasilitasi oleh United States Agency International Development (USAID) Teman LPDP. Tim USAID-Teman LPDP bertindak sebagai fasilitator yang mempertemukan  Ms. Cheri dan LuMing Mao, dengan sejumlah petinggi di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Hadir dalam pertemuan tersebut Wakil Rektor I UINSA, Prof. Dr. H. Ali Mudlofir, M.Ag., Dekan FISIP UINSA, Prof. Dr. H. Abd Chalik, M.Ag., Wakil Dekan III Psikologi dan Kesehatan, Prof. Dr. Rubaidi, M.Ag., Wakil Dekan III Sains dan Teknologi, Dr. Abid Rohman, S.Ag., M.Pd, Wakil Dekan I FISIP, Dr. Iva Yulianti Umdatul Izzah, Wakil Dekan II FISIP, Dr. Aneik Nurhayati, Kepala Laboratorium FISIP, Muhammad Qobidl ‘Ainul Arif dan sejumlah dosen Program Studi Ilmu Politik dan Program Studi Hubungan Internasional FISIP UINSA.

Penjajakan kerjasama antara kedua belah pihak membahas 3 terma utama kerjasama di antaranya ialah; kerjasama riset kolaborasi antara The University of Utah dengan UINSA, kerjasama Short Courses, dan kerjasama Lecturres Exchange.

Menurut keterangan Muhammad Qobidl ‘Ainul Arif, delegasi The University of Utah, dalam pertemuan tersebut memberikan penawaran berbagai bentuk kerjasama, antara lain kolaborasi riset, pertukaran dosen dan mahasiswa, serta short course. Untuk short course, biasanya diselenggarakan oleh Universitas Utah dengan mengundang mahasiswa dari berbagai negara. Pada pertemuan tersebut disepakati juga bahwa Universitas Utah berminat untuk berpartisipasi di ajang konferensi akademik yang digagas oleh FISIP, SAICOPS, dalam bentuk pengiriman panelis atau pembicara, ke kegiatan tersebut pada tahun 2024 mendatang.”

Selama ini USAID Teman-LPDP selalu mendukung penyedia beasiswa Indonesia untuk meningkatkan  keberhasilan mahasiswa, memperkuat tenaga kerjas indonesia dan memfasilitasi akses terhadap pendidikan berkualitas di berbagai perguruan tinggi di Amerika Serikat. Selain itu, USAID Teman-LPRD juga memberikan bantuan teknis untuk meningkatkan pengelolaan program beasiswa yang didanai pemerintah lewat Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).  (umam)