Berita

BULAN TIMBANG DAN VITAMIN A DI KLINIK PRATAMA UINSA

Oleh: Klinik Pratama UINSA

Pada hari Kamis, 09 Februari 2023, Klinik Pratama UIN Sunan Ampel Surabaya kembali mengadakan kegiatan Posyandu disertai dengan pemberian vitamin A pada anak-anak LP PAUD UIN Sunan Ampel Surabaya. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutinan yang sering dilaksanakan klinik sebagai bentuk kepedulian dan bakti kepada masyarakat. Kegiatan ini diikuti oleh belasan anak-anak LP PAUD UIN Sunan Ampel Surabaya. Anak-anak sangat antusias mengikuti kegiatan ini, dimana mereka akan diperiksa kondisi kesehatannya, dilakukan penimbangan berat badan serta diukur tinggi badannya, lalu mendapatkan suplementasi berupa vitamin A.

Bulan Februari dan Agustus merupakan bulan timbang dan vitamin A. Setiap fasilitas kesehatan akan memberikan vitamin A secara gratis untuk anak balita. Pada bulan ini anak-anak akan mendapatkan suplemen berupa vitamin A Kapsul Biru (dosis 100.000 IU) untuk bayi berusia 6-11 bulan dan Kapsul Merah (dosis 200.000 IU) untuk anak berusia 12-59 bulan.

Pemberian kapsul vitamin A pada hakekatnya merupakan upaya pencegahan dalam mengatasi masalah kekurangan vitamin A. Penting untuk diketahui bahwa vitamin A merupakan zat gizi yang penting (esensial) bagi manusia, karena zat ini tidak dapat dibuat sendiri oleh tubuh manusia, sehingga harus dipenuhi dari luar.

Vitamin A memiliki sejumlah manfaat di antaranya mencegah rabun senja, xeroftalmia, kerusakan  kornea dan kebutaan serta mencegah anemia pada ibu nifas. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan anak menjadi rentan terserang penyakit infeksi, seperti infeksi saluran pernapasan atas, campak, dan diare. Yuk, datang ke Posyandu!