Berita

FDK UINSA NEWSROOM – Senin (29/05) Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi sukses menyelenggarakan acara seminar di Auditorium UIN Sunan Ampel Surabaya. Acara ini diselenggarakan oleh mahasiswa semester 6 kelas E3 dengan nama tim Ilalang Organizer. Kegiatan ini diselengarakan berkolaborasi dengan Klik Kanan Group Indonesia. Berjudul COMMPARTY (Communication Public and Ceative Industry) kegiatan ini merupakan salah satu bentuk praktikum dari mata kuliah Meeting, Inventios, Celebration, Exebhition (MICE). Dimana kegiatan seminar ini dilatar belakangi oleh kegiatan industri kreatif yang telah memasuki era 5.0 yang sedang berkembang dan digadang-gadangkan banyak memiliki prospek kerja.

Ainun Nadzifatur Rohmah selaku ketua pelaksana kegiatan menerangkan bahwa dengan adanya kegiatan ini dapat dimanfaatkan sebagai pengembangan diri salah satunya di bidang kewirausahaan dan dunia kreatif.

“Harapannya dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan output bagi mahasiswa dengn membentuk komunitas,” terangnya dalam sambutan.

Pada sambutannya selaku dosen mata kuliah MICE, Ariza Qurrata A’yun, M.Med.Kom berterima kasih kepada Klik Kanan Group telah ikut menyukseskan kegiatan ini dengan menjadi pemateri pada COMMPARTY ini.

“Saya sangat bangga dengan adanya kolaborasi ini, semoga Klik Kanan Group Indonesia ini dapat berkibar dan menjadi contoh bagi mahasiswa lain. Ia juga menegaskan bahwa dengan memiliki usaha production house seperti Klik Kanan ini merupakan salah satu capaian dari profile Prodi Ilmu Komunikasi.

Diawali dengan menunjukkan profil dari Klik Kanan Group Indonesia, kegiatan ini membahas mengenai persaingan yang ada di dunia kreatif dan juga pengembangan skill bagi mahasiswa dalam membangun wirausaha. Menghadirkan pemateri dari CEO dan CCO Klik Kanan Group Indonesia, antusias peserta sangat diasakan ketika 100 lebih peserta mahasiswa UINSA dan umum menyorakkan tagline dari Klik Kanan Group Indonesia.

Menjelaskan mengenai Cashflow Quadrant, Klikananda Nur Akbar selaku CEO dari Klik Kanan memberikan arahan mahasiswa untuk mengetahui posisi mereka melalui indikator sumber pendapatan. Menurutnya, dalam konsep cashflow quadrant ada banyak perbedaan manusia antara satu dan yang lainnya, yang dibagi menjadi empat kelompok dan mahasiswa yang merintis karirnya perlu mengetahui core value-nya sendiri sebelum memilih pekerjaan nantinya. Cashflow Quadrant ini terbagi menjadi dua bagian yakni sisi sebelah kiri yang ditempati Employee (E) dan Self-Employed (S), sementara pada sisi sebelah kanan diduduki oleh Big Business (B) dan Investor (I).

Dengan begitu, ketika para alumni sarjana ini sebelum mencari kerja dapat memmpersiapkan skill dan knowledge yang sesuai dengan passion dan pekerjaan yang ingin dilamar. Tentunya persiapan ini membutuhkan sikap konsisten dan Istiqomah. Dalam menentukan Cashflow Quadrant ini perlu pengalaman kerja terlebih dahulu. “Semakin banyak waktu kerja kita, semakin tinggi kedudukan dan pendapatannya,” ungkap Klikananda Nur Akbar.

Dekanusa Nur Kalam sebagai Co-Founder Klik Kanan juga memberikan contoh dalam proses pengembangan diri ini perlu berinvestasi. Salah satunya, ketika memiliki pekerjaan sebagai fotografer freelance maka perlu investasi kamera yang memiliki tools bagus dan juga mengikuti pelatihan atau course yang menunjang pekerjaanya tersebut.
Tidak hanya menjelaskan hal tersebut, Ia juga menjelaskan bahwa wirausaha itu soal memanajer SDM (Sumber Daya Manusia). Ia menyebutkan bahwa memiliki sebuah usaha dapat mengatur atau bagaimana seorang pemimpin membuat nyaman timnya.  Sebagai bentuk motivasi untuk mahasiswa yang ingin merintis karirnya Klikananda selaku pemateri mengatakan, “Tulis apa yang ingin kamu kerjakan, kerjakan apa yang sudah kamu tulis”.


(Syifa‘ Yahyania)