Agenda

Berita Acara Departemen SOSMA HMTL UINSA

SOCIAL CARE CHARITY”

SOCIAL CARE CHARITY merupakan program kerja dari Departemen Sosial Masyarakat (SOSMA) dalam Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan UIN Sunan Ampel Surabaya. SCC mengusung tema “Mengabdi dengan keikhlasan, bergerak dengan kepedulian” dengan bentuk kegiatan seperti bakti sosial dan aksi tanggap bencana.

Budaya gotong-royong dan turut serta mengulurkan bantuan dalam Islam diterapkan di banyak lini. Perintah tolong-menolong dalam agama ini kerap direpresentasikan dalam aksi kepedulian. Tak sedikit misalnya, di Indonesia, hadirnya lembaga-lembaga filantropi juga diusung oleh semangat kepedulian dan sikap tolong-menolong yang tinggi. Dalam Islam juga mengajarkan kepada umatnya untuk senantiasa membantu sesama yang sedang kesusahan. Seperti sabda Rasulullah SAW: “Manusia yang paling dicintai oleh Allah adalah manusia yang paling banyak bermanfaat dan berguna bagi manusia yang lain”.

Bentuk kegiatan dari Social Care Charity yakni kegiatan bakti sosial dan aksi tanggap bencana. Kegiatan berupa pemberian bantuan atau santunan kepada anak-anak pengidap kanker di Yayasan Peduli Kanker Anak Indonesia, Surabaya dan kepada anak-anak panti asuhan di Panti Asuhan Yakarim, Sidoarjo. Kegiatan aksi tanggap bencana berupa pemberian bantuan dana, sembako, dan pakaian yang masih layak diberikan kepada korban bencana alam jika dampak dari bencana alam berlangsung selama seminggu dan mencakup setidaknya 7 wilayahh kecamatan dengan kerugian material minimal Rp600.000.000,00 dan korban terdampak sedikitnya 2500 jiwa. Tujuan dari kegiatan Social Care Charity sendiri yakni meningkatkan rasa syukur terhadap Allah SWT, mewujudkan semangat gotong royong, kesetiakawanan, dan kedermawanan, menciptakan perdamaian dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara dalam penanganan penyelenggaraan penanggulangan bencana, serta menambah ilmu atau wawasan sosial dengan aksi terjun langsung ke masyarakat.

Bakti Sosial di Yayasan Peduli Kanker Anak Indonesia (YPKAI)

Kegiatan bakti sosial pada Yayasan Rumah Kanker diawali dengan penggalangan dana pada bulan 10 Mei – 30 Juni 2022. Pada penggalangan tersebut, terkumpul dana sebesar Rp1.476.000 dan dana dari himpunan yang masuk untuk kegiatan ini sebesar Rp200.000,00. Hasil penggalangan dana tersebut digunakan untuk membeli hadiah, luch box, tumblr, paper bag, dan sembako berupa beras 10 kg dan gula 7 kg untuk  kegiatan bakti sosial.

Bakti Sosial dilakukan pada hari Sabtu, tanggal 2 Juli 2022 di Yayasan Peduli Kanker Anak Indonesia di Jl. Dharmahusada Indah Tim. IX Blok L142 No.14, Mulyorejo, Surabaya City, East Java 60115. Acara Pertama diawali dengan pembukaan oleh MC dan dilanjutkan dengan sambutan ketua pelaksana, ketua HMTL 2022/2023, dan perwakilan pengurus Yayasan Rumah Kanker. Dilanjutkan dengan istighosah bersama-sama yang  dipimpin oleh Muzzaki Auliya Akbar dan dilajutkan dengan mengadakan game hingga yang diikuti oleh anak-anak di Yayasan Rumah Kanker dan ditutup dengan penyerahan bantuan kepada pihak Yayasan Rumah  Kanker serta do’a dan foto bersama untuk mendokumentasikan kegiatan. Kegiatan ini memberikan santunan kepada 9 anak pengidap kanker. 

Bakti Sosial di Panti Asuhan Yakarim

Kegiatan bakti sosial pada Panti Asuhan diawali dengan penggalangan dana pada bulan September 2022. Pada penggalangan tersebut, terkumpul dana sebesar Rp1.252.000 dan dana dari himpunan yang masuk untuk kegiatan ini sebesar Rp60.000,00. Hasil penggalangan dana tersebut digunakan untuk membeli hadiah, luch box, tumblr, dan sembako berupa beras 10 kg untuk kegiatan bakti sosial. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 15 Oktober 2022 bertempat di Panti Asuhan Yakarim, Sidoarjo. Kegiatan diawali dengan pembukaan oleh MC. Kemudian dilanjut dengan sambutan ketua HMTL, ketua pelaksana, dan pengurus yayasan panti asuhan. Acara selanjutnya yaitu istighosah yang dipimpin oleh Bapak Subhan selaku perwakilan pengurus panti asuhan yang dimulai pada pukul 16.00 WIB. Setelah istighosah, dilanjut dengan game tebak gaya, kuis tanya jawab, serta pembagian hadiah. Acara dilajutkan dengan penyerahan bantuan kepada pihak panti sekaligus sesi dokumentasi. Kegiatan ini memberikan santunan kepada 20 anak yatim piatu.

Aksi Tanggap Bencana
Aksi Tanggap Bencana

Dalam kegiatan aksi tanggap bencana dilakukan sebanyak dua kali, yakni yang pertama aksi tanggap bencana kepada korban bencana banjir dan tanah longsor yang berdampak pada 11 kecamatan Trenggalek, Jawa Timur. Kerugian harta benda sebanyak kurang lebih 10 milyar. Bencana ini juga mengakibatkan kerusakan yang terjadi meliputi kerusakan ringan sampai berat seperti hewan ternak yang hilang tertimbun longsor, kandang rusak, jalan retak, tembok retak, hingga rumah retak dan rusak akibat tertimbun longsor. Korban terdampak pada bencana ini sebanyak 7.440 jiwa dan bencana terjadi ± 1 minggu. Kegiatan diawali dengan penggalangan dana pada tanggal 24 – 28 Oktober 2022.

Pada penggalangan terkumpul dana sebesar Rp900.000,00 dan dana dari himpunan yang masuk untuk kegiatan ini sebesar Rp100.000,00 serta berupa barang seperti pakaian 14 buah, 1 buah mukenah, 11 buah kerudung, 3 pasang kaos kaki, 4 kardus indomie, 2 buah celana batik, 15 buah sabun, 4 renteng shampoo, 3 buah milo, dan 1 botol cleo besar dengan total donasi barang sebanyak 58 buah. Donasi tersebut disalurkan langsung melalui korban yang terdampak bencana.

Kedua, aksi tanggap bencana kepada korban gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat. Bencana Gempa Bumi ini berdampak pada 12 kecamatan dan dengan berdampak pada korban meninggal dunia sebanyak 162 jiwa, luka – luka 326 jiwa, dan pengungsi 13.784 jiwa. Kerugian meterial ini berjumlah 3.075 rumah rusak ringan, 33 rumah rusak sedang, dan 59 rumah rusak berat. Bencana ini terjadi selama lebih dari 1 minggu. Kegiatan diawali dengan penggalangan dana pada tanggal 26 November – 2 Desember 2022. Pada penggalangan tersebut, terkumpul dana sebesar Rp671.000,00 dan dana dari himpunan yang masuk untuk kegiatan ini sebesar Rp340.000,00. Dana tersebut disalurkan langsung melalui kantor pusat dompet dhuafa Jawa Timur yang terletak di Surabaya.