Berita

Kamis, 15 Desember 2022, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya menyambut kedatangan rombongan dari Fakultas Tarbiyah IAIN Sorong Papua Barat. Kegiatan yang dilaksanakan secara luring di Gedung Fakultas Tarbiyah kali ini dihadiri oleh jajaran pimpinan FTK UIN Sunan Ampel Surabaya, Ketua Jurusan dan Kaprodi beserta Sekprodi. Kegiatan benchmarking tersebut diikuti oleh Ketua Prodi Manajemen Pendidikan Islam, Ketua Prodi Tadris IPA, dan Kepala TIPD IAIN Sorong. Tujuan dari kerjasama ini adalah untuk memberikan gambaran kepada para pimpinan dan pengelola TIPD Fakultas Tarbiyah IAIN Sorong terkait program kerja MBKM yang telah terlaksana di  Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya.

Mengawali acara, pimpinan dari IAIN Sorong, menyampaikan bahwa prodi MPI dan Tadris IPA IAIN Sorong masih baru dibuka, sehingga dirasa perlu melakukan kunjungan ke Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Surabaya. Tujuan dari kunjungan ini adalah untuk meng-upgrade­ ilmu tentang pelaksanaan MBKM serta pengelolaan program studi. Kiranya dari beberapa hal tersebut ada yang dapat diadopsi dan diadaptasikan, untuk berkreasi dan berinovasi dalam mengembangkan program kerja di IAIN Sorong.

Tujuan dari IAIN Sorong ini tentu disambut baik oleh pihak Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Dalam sambutannya, Ketua Jurusan Pendidikan Islam Bapak Muhammad Nuril Huda, M.Pd., menyampaikan bahwa kunjungan ini sangat perlu dilakukan untuk menjaga silaturahim dan tentunya untuk berkolaborasi dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Prodi MPI FTK UIN Sunan Ampel memang sudah ada sejak tahun 1994, sedangkan Prodi PIPA masih berjalan selama 4 tahun ini. Meski demikian, sharing tetap bisa dilaksanakan untuk saling berbagi dan bertukar informasi antar lembaga. Pertemuan ini diakhiri dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama/ MoA antara UIN Sunan Ampel Surabaya dan IAIN Sorong, serta pemberian cinderamata dari kedua belah pihak dan foto bersama dengan pimpinan dan tenaga  kependidikan dari IAIN Sorong.