Berita

@Tarbiyah dan Keguruan

Saturday, 28 May 2022

BEKALI MAHASISWA, LABORATORIUM FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN ADAKAN PEMBEKALAN PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN I (PLP I)

Sebelum mahasiswa datang ke sekolah/madrasah untuk Pengenalan Lapanagn Persekolahan I (PLP I), Juma’at 27 Mei 2022 Laboratorium Fakultas Tarbiyah dan Keguruan mengadakan Pemebelakan PLP I bagi mahasiswa yang akan melaksanakan PLP pada 30 Mei – 10 Juni 2022 yang tersebar di 59 sekolah/madrasah serta TK/RA di Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Gresik.

Pembekalan yang dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting ini dipandu oleh Ibu reni Wulandari, S. Pd dan diikuti oleh mayoritas peserta dari tujuh prodi yang akan melaksanakan PLP I. Walaupun di awal kegiatan terjadi kendala hosting zoom, namun sampai akhir kegiatan berjalan tertib dan lancar.

Dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Bapak Dr. H. Saiful Jazil, M. Ag., dalam sambutannya beliau berpesan seraya mendoakan kesuksesan dan kelancaran pelaksanaan PLP I.

Bapak Dr. Taufik, M. Pd. I. ketua laboratorium Fakultas Tarbiyah dan Keguruan menyampaikan kebijakan pelaksanaan PLP I. Beliau menekankan pentingnya mahasiswa untuk menjaga sikap, sopan santun dan perbuatan selama di sekolah/madrasah PLP I. Hal ini menjadi kewajiban yang harus dilakukan mahasiswa sekaligus yang menjadi salah satu bahan evaluasi dalam rapat koordinasi yang telah dilaksanakan beberapa waktu sebelumnya.

Dilanjutkan penjelasan mengenai teknis pelaksanaan PLP I oleh Ibu Desy Indarwati, S. Pd. Dipaparkan secara jelas kegiatan apa saja yang akan dilakukan oleh mahasiswa mulai hari pertama sampai dengan hari kesembilan pelaksanaan PLP I. Pola pembimbingan yang dilakukan secara luring oleh DPL dan Guru Pamong dengan masing-masing memberikan penilaian pada akhir kegiatan. Dijelaskan pula bahwa mahasiswa memiliki beberapa tugas yang harus diselesaikan berupa jurnal harian dan laporan observasi yang diupload melalui Learning Management System (LMS) yaitu SATe PraDA. Ditampilkan pula pedoman PLP I yang menjadi acuan mahasiwa selama melaksanakan kegiatan PLP I. Ditampilkan pula oleh ibu Desy contoh-contoh lembar observasi maupun instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data sekaligus format laporan observasinya.

Materi ketiga mengenai Learning Management System (LMS) yaitu SATe PraDA disampaikan oleh bapak Muhammad Syahru Ahmad, S. Pd. Sangat menarik bahwa saat ini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan telah memiliki LMS yang sangat bermanfaat untuk kegiatan perkuliahan terutama PLP. Dijelaskan oleh Pak Syahru mulai dari awal cara login, upload jurnal harian, ukuran maksimal file yang bias diupload sampai dengan cek nilai.

Antusias mahasiswa tampak saat dibuka forum diskusi. Beberapa mahasiswa menanyakan terkait daftar hadir, reset password, deadline tugas sampai dengan komunikasi dengan pihak sekolah. Semua pertanyaan terjawab dengann baik oleh para narasumber dibantu dengan moderator dan dapat diterima oleh mahasiswa.

Pada akhir sesi disksusi seklai menutup kegiatan pembekalan ini pesan yang harus diingat oleh mahasiswa adalah bahwa mahasiswa datang ke sekolah/madrasah sebagai calon guru yang membawa anma almamater, jaga sikap, jaga perilaku. Semoga sukses teman-teman mahasiswa PLP I.