Berita

ALPABETA Gematika 2024 adalah sebuah kompetisi yang diselenggarakan oleh Program Studi Matematika, UIN Sunan Ampel, yang bertujuan untuk meningkatkan minat dan bakat mahasiswa dalam bidang matematika serta mengasah kemampuan berpikir kritis dan kreatif dengan tema Shining Creativity in Mathematics: Exploring the Beauty and Preciousness of Numbers” yang berarti “Bersinar dalam Kreativitas Matematika: Menjelajahi Keindahan dan Nilai Berharga dari Angka.” dimana Menggambarkan bahwa matematika bukan hanya tentang angka dan rumus, tetapi juga tentang ide-ide kreatif yang dapat muncul dari pemecahan masalah dan Menekankan pentingnya matematika dalam kehidupan sehari-hari, sains, teknologi, dan berbagai bidang lain, menunjukkan bahwa pengetahuan tentang angka memiliki nilai yang signifikan.

ALPABETA  2024 telah dimulai dari babak penyisihan tahap pertama yang dilaksanakan pada tanggal 14 September 2024. Sebelum pelaksanaan, Technical Meeting (TM) dilakukan pada tanggal 13 September 2024. Kegiatan penyisihan ini diikuti oleh 66 tim dari berbagai daerah di Jawa Timur dan dilaksanakan secara online menggunakan sistem Computer Based Test (CBT). Dan kegiatan babak penyisihan tahap 2 hingga grand final diselenggarakan di GreenSA UIN Sunan Ampel Surabaya

Selanjutnya, penyisihan tahap kedua dilaksanakan setelah Technical Meeting yang dijadwalkan pada tanggal 17 September 2024. Pelaksanaan tahap kedua ini akan dilakukan pada tanggal 20 September 2024, diikuti oleh 33 tim yang berhasil melaju dari tahap pertama, tahap kedua ini menggunakan system papper yang dilakukan secara individu untuk mengetahui kemampuan masing-masing.

Setelah berhasil melalui penyisihan tahap 2, terdapat 22 tim yang berhasil maju ke tahap babak 22 besar yang dilaksanakan pada tanggal 22 September 2024. Kegiatan ini bertempat di Greensa UINSA. Sebelum pelaksanaan, Technical Meeting (TM) diadakan pada tanggal 21 September 2024. Babak 22 besar terdiri dari tiga sesi dengan game yang bernama “match and solve”, dengan satu sesi diisi oleh 8 tim dan dua sesi lainnya diisi oleh 7 tim. Dari 22 tim yang bertanding, hanya 15 tim yang berhasil melaju ke babak berikutnya.

Selanjutnya, babak 15 besar diadakan dengan Technical Meeting pada tanggal 25 September 2024 dan pelaksanaan pada tanggal 28 September 2024. Pada babak ini, terdapat tiga sesi yang masing-masing diisi oleh 5 tim dengan game yang bernaman “battle mathematics”

Pada babak semifinal yang berlangsung pada tanggal 29 September 2024, peserta ditantang untuk mengikuti permainan yang diberi nama “Tic Tac Toe Math”. Sebelum babak semifinal, dilakukan Technical Meeting (TM) pada tanggal 25 September 2024. TM ini bertujuan untuk menjelaskan aturan main, tata cara pelaksanaan kompetisi, serta memberikan gambaran umum tentang mekanisme game tersebut.

Kompetisi Top 3 dan Grand Final menjadi puncak dari Alpabeta. Pada tanggal 5 Oktober 2024, para peserta yang telah lolos ke babak semifinal bersaing untuk memperebutkan gelar juara melalui dua tahap permainan “Alpaquiz” di babak Top 3 dan terdapat 2 babak yaitu ”Math Padlock” dan “Rebutan” di Grand Final. Pada tanggal 1 Oktober 2024 diadakan TM  bertujuan untuk menjelaskan mekanisme detail dari kedua permainan, peraturan kompetisi, serta memastikan semua peserta memahami tata cara yang berlaku selama babak Top 3 dan Grand Final.

Pada babak Top 3, tiga tim terbaik  berkompetisi dalam permainan Alpaquiz untuk memilih 2 tim yang  melaju ke Grand Final, dengan akumulasi skor dari Alpaquiz menjadi faktor penentu.

Di babak Grand Final, 2 tim terbaik akan mengikuti dua jenis permainan “Math Padlock” dan “rebutan”. Dengan seluruh rangkaian acara dari babak 22 besar hingga grand final disiarkan oleh TV 9, dengan MC yang memandu acara adalah Feby Kumala Esti. 

Diharapkan pada ajang perlombaan alpabeta GEMATIKA selanjutnya, para peserta dapat menunjukkan semangat yang lebih tinggi, meningkatkan kreativitas, dan berkolaborasi dengan baik. Semoga kompetisi ini tidak hanya menjadi ajang untuk meraih prestasi, tetapi juga sebagai sarana untuk belajar, berbagi pengalaman, dan membangun jaringan. Dengan persiapan yang matang dan sikap positif, kita dapat mencapai hasil yang lebih baik dan membuat ajang ini menjadi lebih bermakna. Mari bersama-sama menjadikan setiap momen berharga dan penuh inspirasi!

JUARA 1
MAU AMANATUL UMMAH PROGRAM MBI
TIM HEHE

JUARA 2
MAU AMANATUL UMMAH PROGRAM MBI
TIM ALPA

JUARA 3
MAU AMANATUL UMMAH
TIM MAI