Berita

@Psikologi dan Kesehatan

Thursday, 24 March 2022

Bakti Sosial Psikoterapi dan Kebersyukuran bagi lansia ke Pelayanan Sosial Tresna Werdha (PSTW) Banyuwangi

Banyuwangi – Fakultas Psikologi dan Kesehatan melakukan kegiatan Bakti Sosial Psikoterapi dan Kebersyukuran bagi lansia ke Pelayanan Sosial Tresna Werdha (PSTW) Dinas Sosial Propinsi Jawa Timur yang ada di Banyuwangi. Kunjungan yang dilaksanakan pada Kamis (24/03/2022) dibimbing oleh Soffy Balgies M.Psi Psikolog dan Drs Hamim Rosyidi M.Si selaku dosen Fakultas Psikologi dan Kesehatan UIN Sunan Ampel Surabaya.

Kegiatan yang fokus pada kesehatan mental ini diikuti oleh 100 lansia, 10 petugas, dan 10 mahasiswa PKL Stikes dan memiliki beberapa tujuan yaitu membekali lansia di panti werda untuk melakukan self terapi, membantu mengurangi keluhan lansia dalam hal nyeri fisik dan masalah psikis lansia, membantu mengembangkan sikap bersyukur atas karunia Allah SWT semasa hidup bagi lansia, dan untuk membentuk psychology wellbeing pada lansia. 

Pada awal kegiatan, dibuka oleh Bapak Wiyadi sebagai perwakilan Kepala Dinas Sosial. Kemudian melakukan ice breaking untuk menghidupkan suasana agar para lansia dapat rileks selama mengikuti kegiatan yang berdurasi dua jam tersebut. 

Selanjutnya, penerapan Praktek terapi tapping dan set up dengan teknik Spiritual Emotional Freedom Technique (SEFT) dan Praktek terapi Creative Trauma Cleansing dengan clapping dan neck squessing. Kemudian Drs Hamim Rosyidi M.Si. memberikan ceramah agama kepada para peserta. 

Setelah ceramah agama selesai, dilanjutkan dengan praktek bersyukur. Praktek bersyukur ini dimaksudkan kepada para lansia agar senantiasa mensyukuri atas segala kehiduapn yang telah diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa, karena dengan bersyukur dapat menjaga kesehatan mental para lansia sehingga tidak rentan setres atau terkena penyakit mental lainnya. 

Setelah rangkaian kegiatan telah dilakukan, acara berakhir yang ditutup dengan doa dan melakukan sesi foto bersama dengan para penghuni panti.