Column UINSA

UIN Sunan Ampel Surabaya

Tuesday, 6 September 2022

ASN MERDEKA BEKERJA UNTUK MENCAPAI PRESTASI KERJA YANG LEBIH BAIK

Oleh: Bahtiyar Rifa’i, M. Pd. I.
(JFU Pusat Ma’had Al-Jami’ah UIN Sunan Ampel Surabaya)

Tahun 2022 merupakan tahun harapan baru bagi bangsa dan negeri ini, setelah 2 tahun seluruh dunia lumpuh termasuk Indonesia karena wabah covid-19. Perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 dengan mengambil tema “Pulih lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat”. Tema ini diambil dengan harapan agar Indonesia bisa bangkit dari peristiwa yang telah terjadi selama 2 tahun, yakni pandemi covid-19.

Mengutip situs LLDIKTI, tema Hari Kemerdekaan Indonesia ke-77 pada tahun ini adalah merefleksikan bagaimana nilai-nilai Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika mempersatukan masyarakat Indonesia dalam menghadapi tantangan yang ada. Dasar- dasar negara juga menjadi penuntun Bersama untuk pulih lebih cepat agar siap menghadapi tantangan global dan bangkit lebih kuat demi kemajuan Indonesia.

Pandemi covid-19 menimbulkan kecemasan sosial hingga tekanan ekonomi berat bagi rakyat Indonesia. Namun di tengah keterpurukan, semua elemen bangsa bergerak bersama dan bergotong royong untuk mewujudkan harapan baru.

Dalam pada itu bagi Keluarga Besar Civitas Akademik UIN Sunan Ampel Surabaya, peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke 77, menjadi momentum peningkatan kualitas kerja bagi Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikannya.  Kinerja  yang  berkualitas  merupakan  salah  satu  bentuk penghormatan Aparatur Sipil Negara (ASN) terhadap jasa para pahlawan yang sudah berjuang merebut kemerdekaan. Memaknai sebuah kemerdekaan, salah satunya adalah bagaimana kita bisa bekerja dengan baik, berkarya dan berkiprah nyata dalam proses pembangunan, memberi manfaat dan kemaslahatan bagi seluruh masyarakat kampus, khususnya adalah kepada mahasiswa.

Sejalan dengan arahan Bapak Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya, bahwa di dalam bekerja kita harus menggunakan Madzhab GPL (Gak Pakek Lama), namun tetap mengikuti  aturan  yang  berlaku.  Madzhab  ini  diharapkan  bisa  memacu  semangat seluruh   Tenaga   Pendidik   ataupun   Tenaga   Kependidikannya   untuk   melayani masyarakat kampus dengan cepat, tepat, cerdas dan benar sesuai aturan. Disamping terus berusaha membuat inovasi atau terobosan baru di dalam menyelesaikan setiap pekerjaan kita, dengan tetap berpedoman pada aturan yang sudah ada.

Sejalan dengan harapan pemerintah bahwa setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) bisa mewujudkan Merdeka Bekerja. Jika kita tilik kembali benang merah dari grand desain reformasi birokrasi, pengelolaan sumber daya aparatur idealnya menjadi fokus semua Kementerian maupun Lembaga, termasuk di dalamnya UIN Sunan Ampel Surabaya sebagai Satuan Kerja pemerintah di bawah Naungan Kementerian Agama Republik Indonesia.

Sudah saatnya peningkatan kompetensi ASN  dijalankan dengan  lebih  serius dengan berbagai terobosan. ASN harus merdeka bekerja. Artinya, setiap ASN harus betul-betul melaksanakan tugas dan kewajibannya dengan penuh rasa tanggung jawab, amanah dan tidak merasa dalam tekanan pimpinan. Dari sini diharapkan setiap ASN berupaya  untuk  maksimal dan  mencapai prestasi kerja  yang lebih  baik.  Penguatan kompetensi ASN adalah bekal utama yang selayaknya diberikan untuk menjalankan peran sebagai abdi negara. Semuanya bersimbiosis untuk mewujudkan ASN Merdeka Bekerja dan menjadi stimulus terlaksananya reformasi birokrasi. Berbagai terobosan itu harus dilakukan secara komprehensif dan bersungguh-sungguh dengan desain yang jelas serta batas waktu yang terukur.

Setiap  pimpinan  harus dapat  memberikan  teladan  kepada  bawahan. Adanya agen perubahan dan agen integritas seyogyanya bukan hanya menjadi pelengkap administrasi. Kehadirannya harus dapat dirasakan dan diberikan kesempatan untuk mewarnai   sehingga   memberikan   dampak   dan   kontribusi   terhadap   organisasi.

Perubahan  budaya  memang  tidak  bisa  berlangsung  cepat  dan  sekali  jadi,  tetapi pemerintah dan seluruh ASN tidak boleh alergi dengan semua perubahan yang terjadi.

Seperti halnya kemerdekaan sebuah negara, mewujudkan ASN Merdeka Bekerja memerlukan perjuangan. Ada proses panjang yang harus dilalui, tidak mudah, tetapi patut diperjuangkan. Maka di tengah riuhnya isu kiamat ASN, sudah seharusnya kita wujudkan  ASN  Merdeka  Bekerja,  ASN  yang siap  menghibahkan  segala  potensinya sebagai abdi Negara, dan ASN yang selalu berupaya mencapai prestasi kerja yang lebih baik. Semoga dengan semangat Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77 ini, benar-benar Bangsa ini Pulih lebih Cepat Bangkit lebih Kuat, menjadi bangsa yang baldatun thoyyibatun wa rabbun ghofur. Semoga Keluarga Besar UIN Sunan Ampel Surabaya, mulai dari Tenaga Pendidik, Tenaga Kependidikan, dan seluruh Mahasiswanya selalu berprestasi dan memberikan kemaslahatan dan manfaat untuk umat dan negeri ini. Dirgahayu Bangsaku, Jaya Selalu UINSA ku, dan Berkah Selalu untuk kita semua. Wallahu’alam bi As Sawab.