Berita

Pelakongan – (24/12/2022) FPK UINSA telah mengadakan seminar parenting tentang pengembangan karir dengan mengenali potensi dan kepribadian siswa di Pekalongan.

Kegiatan yang berlangsung selama kurang lebih satu jam ini diisi dengan rangkaian dari assesmen siswa, kemudian expose hasil assesmen siswa ke guru, juga tak lupa expose hasil assesment ke orangtua.

Tujuan dari kegiatan ini tak lain adalah untuk menjelaskan potensi minat dan bakat dalam memprediksi karir siswa. Tak ayal, jika dalam seminar ini dihadiri oleh sebanyak 130 orang tua dan siswa.

Dr. Suryani S.Ag S.Psi M.Si selaku Wakil Dekan I sekaligus pembicara dari pihak FPK memaparkan setidaknya 3 materi, antara lain: deskripsi data hasil assesmen potensi siswa, bakat, dan minat sesuai jurusan. Kemudian, sikap dan upaya orang tua dalam mendampingi keputusan karir berdasarkan minat, yaitu orang tua bukan “owner” anak yang menguasai namun mendukung anak bagaimana keputusan yang dipilih menjadi tanggung jawabnya. Terakhir, faktor yang dapat dijadikan pertimbangan dalam memutuskan opsi karir, yakni;  potensi, interest atau minat, kepribadian, dan self efficacy atau keyakinan akan kemampuan yang dimiliki. (AYD)