Berita

Surabaya, 28 Februari 2024 – Sebagai upaya membangun dan membentuk mental health mahasiswa, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya meluncurkan Pusat Konseling. Acara peluncuran ini diselenggarakan di Gedung Amphiteater dan dihadiri oleh sejumlah pejabat tinggi universitas, termasuk Rektor, Wakil Rektor, Dekan, Wakil Dekan 3, tim konselor, dan mahasiswa UINSA.

Dalam sambutannya, Rektor UINSA menekankan pentingnya kesehatan mental sebagai bagian integral dari kesejahteraan holistik mahasiswa. Meskipun kesehatan medis memegang peranan penting, namun keberadaan pusat konseling diharapkan dapat melengkapi aspek ini.

“Kesehatan medis itu penting, tapi kesehatan mental tak kalah pentingnya. Oleh karena itu, melalui peluncuran pusat konseling ini, kami berharap dapat memberikan solusi atas berbagai masalah kesehatan mental yang dihadapi oleh mahasiswa UINSA,” ungkap Rektor.

Rektor juga menyoroti peran penting jangkar spiritual dalam menjaga kesehatan mental.

“Perkuat jangkar spiritual agar Anda tidak mengalami kenestapaan sosial,” pesan Rektor kepada mahasiswa.

Dalam konteks ini, pusat konseling tidak hanya menjadi tempat mendapatkan dukungan psikologis, tetapi juga menjadi tempat untuk merawat dimensi spiritual mahasiswa.

“Jika ‘terpaksa’ mengalami itu, pusat konseling siap melayani dan mendampingi,” lanjut Rektor.

Menutup sambutannya, Rektor UINSA menyampaikan bahwa pusat konseling siap melayani dan mendampingi mahasiswa yang mengalami kesulitan atau membutuhkan bantuan. 

Pusat Konseling di UINSA didirikan sebagai tanggapan terhadap meningkatnya kesadaran akan pentingnya kesehatan mental di kalangan mahasiswa. Berbagai permasalahan seperti stres akademik, tekanan sosial, dan tantangan pribadi seringkali memerlukan penanganan khusus. Dengan adanya pusat konseling ini, diharapkan mahasiswa dapat dengan mudah mengakses bantuan profesional untuk menjaga kesehatan mental mereka.