Berita

Petang hari Sabtu Pon, 23 Shafar 1445 H, dari Stasiun
Gubeng Surabaya, sebanyak 30 mahasiswa Fakultas Adab dan Humaniora (FAHUM) UIN Sunan Ampel Surabaya berangkat menuju Kota Bandung. Didampingi 5 orang dosen, para mahasiswa tersebut akan mengikuti Student Mobility Program selama 2 pekan, mulai tanggal 9 hingga 23 September 2023.

Rombongan ini terdiri dari 13 mahasiswa Prodi Sejarah Peradaban Islam (SPI), 10 mahasiswa Prodi Bahasa dan Sastra Arab (BSA), dan 7 mahasiswa Prodi Sastra Inggris (Sasing). Para dosen yang turut mendampingi mereka, Prof. Dr. A. Dzo’ul Milal, M.Pd., Dr. Wahju Kusumajanti, M.Hum., Raudlotul Jannah, M. App. Ling., Endratno Pilih Swasono, M.Pd., dan Tristy Kartika Fi’aunillah, M.A.

Program ini merupakan tindak lanjut dari kerjasama yang sudah terjalin antara dua lembaga FAHUM UIN Sunan Ampel Surabaya dan FAHUM UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Selama dua pekan tersebut, para mahasiswa akan mengikuti kegiatan akademik berupa perkuliahan (sitting-in) maupun aktivitas lainnya. Mereka diharapkan dapat memperoleh pengalaman dan merasakan secara langsung atmosfer kehidupan akademis di kampus mitra. Selain tentunya mereka juga mengembangkan jejaring dan cakrawala intelektual melalui interaksi dengan para mahasiswa di UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Sementara di antara para dosen pendamping juga hadir sebagai Visiting Lecturer dalam forum akademis yang diselenggarakan di kampus yang berlokasi di Cibiru itu.

Implementasi program ini juga menargetkan luaran dari masing-masing peserta mahasiswa berupa laporan aktivitas sesuai dengan format yang ditentukan masing-masing prodi. Sebagian dalam bentuk joint research report dan sebagian lainnya dalam bentuk catatan perjalanan yang harus dipublikasikan ke media.