Berita

Dalam upaya memperkuat relevansi kurikulum dan memastikan capaian pembelajaran sesuai dengan kebutuhan zaman serta visi keilmuan institusi, Program Studi S1 dan S2 Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Ampel Surabaya, melaksanakan kegiatan Review Kurikulum dan Peneguhan Visi Keilmuan pada Kamis, 26 Juni 2025. Kegiatan penting ini berlangsung di Meeting Room Fakultas Tarbiyah dan Keguruan mulai pukul 09.00 hingga 13.00 WIB dan dihadiri oleh berbagai pemangku kepentingan, termasuk dosen, mahasiswa, alumni, serta pengguna lulusan.

Kegiatan review ini menghadirkan narasumber utama, Prof. Dr. Didin Nuruddin Hidayat, M.A., Ed.D., Guru Besar dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, yang dikenal luas dalam bidang pendidikan bahasa Inggris dan pengembangan kurikulum berbasis capaian pembelajaran. Beliau juga merupakan ketua Asosiasi Prodi Pendidikan Bahasa Inggris/Tadris Bahasa Inggris PTKI. Hadirnya Prof. Didin memberikan dimensi akademik yang mendalam dan kontekstual terhadap arah pengembangan kurikulum yang sejalan dengan standar nasional pendidikan tinggi, tagihan akreditasi, serta tuntutan global.

Acara resmi dibuka oleh Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa, H. Moh. Faizin, M.Pd.I, yang dalam sambutannya menekankan pentingnya kegiatan ini sebagai bagian dari siklus penjaminan mutu akademik. Selanjutnya kegiatan ini dipandu oleh Ketua Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Inggris, Ibu Rahmawati, M.Pd. Dalam paparannya, beliau menekankan bahwa saat ini kurikulum yang dijalankan telah mengalami beberapa penyesuaian berdasarkan hasil evaluasi internal dan eksternal. Beliau juga mempresentasikan visi keilmuan program studi yang menekankan pada integrasi antara keilmuan pendidikan bahasa Inggris dengan nilai-nilai keislaman.

Pada sesi berikutnya, Sekretaris Program Studi S2 Pendidikan Bahasa Inggris, mewakili Ketua Prodi, menyampaikan pemaparan terkait visi keilmuan, capaian pembelajaran lulusan (CPL), serta profil lulusan dari jenjang magister. Sebagai program studi yang baru berdiri, mendapatkan masukan terkait kurikulum prodi menjadi hal esensial yang tidak terlewatkan.

Prof. Dr. Didin Nuruddin Hidayat, dalam sesi evaluasinya, memberikan masukan konstruktif atas dokumen kurikulum yang dipresentasikan oleh kedua program studi. Beliau menekankan pentingnya koherensi antara visi institusi, visi keilmuan, profil lulusan, CPL, dan kurikulum inti.

Kegiatan ini semakin kaya dengan hadirnya perwakilan mahasiswa, alumni, dan pengguna lulusan dari dunia pendidikan. Mereka memberikan masukan langsung terkait relevansi kurikulum dengan kebutuhan nyata di lapangan.

Setelah seluruh sesi presentasi dan diskusi berlangsung, kegiatan diakhiri dengan penyusunan simpulan sementara oleh tim kurikulum masing-masing program studi. Beberapa catatan penting dari kegiatan ini telah dirangkum dan dijadikan landasan untuk perbaikan. Di akhir kegiatan, Ketua Jurusan, Ketua Prodi, dan narasumber menyampaikan apresiasi atas partisipasi semua pihak.

Kegiatan review kurikulum ini menjadi momentum penting bagi Prodi S1 dan S2 Pendidikan Bahasa Inggris UIN Sunan Ampel Surabaya untuk melakukan transformasi akademik yang menyeluruh. Dengan melibatkan akademisi, praktisi, mahasiswa, alumni, dan pengguna lulusan, kegiatan ini menunjukkan komitmen bersama untuk menjaga mutu pendidikan, menjawab tantangan global, dan tetap berakar pada nilai-nilai Islam yang moderat. Harapan besar disematkan pada kurikulum baru yang tidak hanya unggul secara akademik, tetapi juga mampu mencetak generasi pendidik masa depan yang sesuai dengan profil lulusan dan bermanfaat bagi masyarakat luas. (FI)