Berita

UINSA Surabaya_ Prof. Dr. H. Abd Chalik, M.Ag (Dekan FISIP) bersama Fathoni Hakim, M.Si., Ketua Gugus Kendali Mutu (GKM) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Sunan Ampel Surabaya mengunjungi Kantor Pengurus Masjid Al-Hasanah, Bandar Baru Bangi, Selangor Malaysia, Rabu (29/11/2023)

Kedatangan keduanya pada jam 09.00 disambut Nadzir dan Pejabat Masjid Al-Hasanah. Meraka H. Halil, H.Zulkifli, H. Kamaruzzaman, H. Ezman dan beberapa pejabat penting lain. Kunjungan Abd Chalik dan Fathoni Hakim dalam rangka membahas rencana tindak lanjut kerjasama pengabdian masyarakat internasional tahun 2024 dan penyerahan laporan pengabdian kepada masyarakat internasional tahun 2023. Di Ketahui Masjid Al-Hasanah merupakan Masjid besar di Selangor yang membina 18 Surau yang berada di di bawah pemerintah kerajaan Malaysia. Selain itu, Masjid Al-Hasanah juga menjadi salah satu Masjid terbaik di Selangor Malaysia.

Menurut Abd Chalik, pada tahun 2024 Uin Sunan Ampel Surabaya akan kembali melakukan kerjasama pengabdian internasional dengan Masjid Al-Hasanah. Hal ini meneruskan kerjasama yang telah dilakukan sebelumnya oleh FISIP UINSA dengan mengirim 19 mahasiswa pengabdian internasional pada bulan Agustus-September 2023. Namun demikian kerjasama di tahun 2024 akan ditangani Lembaga Penelitian dan Pengambdian Kepada Masyarakat (LP2M) UIN Sunan Ampel Surabaya.

“Bedanya untuk tahun 2024 itu langsung ditangani oleh LP2M ya, jadi Fisip hanya menjadi bagian” ungkapnya.

Dalam pertemuan dengan pengurus Masjid, dibahas sejumlah kesepakatan di antaranya ialah tentang agenda penandatanganan dokumen MoU (Memorandom of Understanding) dan PKS (Perjanjian Kerjasama) yang rencana akan dilakukan Rektor UINSA atau LP2M dengan Pengurusi Masjid Al-Hasanah pada bulan Januari atau Februari 2024.

Selain berjunjung ke Masjid Al-Hasanah, Abd Chalik dan Fathoni Hakim juga mengunjungi Masjid Al-Falah yang berada di Ramal Kajang, Selangor Malaysia. Kunjungan ini juga bagian dari agenda persiapan pengabdian internasional mahasiswa UINSA tahun 2024. Di Masjid Al-Falah delegasi Fisip UINSA disambut oleh Nadzir dan 7 orang pejabat lain. Di Masjid Al-Falah juga diserahkan dokumen laporan pengabdian iternasional.

“Hari ini sangat padat, kami berlanjut ke Masjid Al-Falah, selain menyerahkan dokumen laporan pengabdian internasional 2023 juga persiapan pengabdian internasional dalam skala yang lebih luas di tahun 2024” Jelas Abd Chalik.