Berita

Pada 2024 Fakultas Ushuluddin dan Filsafat (FUF) kembali membuka program Student Exchange dalam kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Program ini dilaksanakan di Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM), Bangi, Selangor. Program Student Exchange dibawah tinjauan dari tiga dosen pembimbing yaitu Dr. Hj. Khoirul Umami, M.Ag, Athoillah Umar, M.A, dan Nur Hidayat Wakhid Uddin, M.A.

Program ini berhasil diikuti oleh delapan mahasiswa berdasarkan kelulusan seleksi sebelumnya. Mahasiswa tersebut diantaranya Lyna Nur Fitri Fauziyyah, Nur Maliyah Nisa Mardiyah, dan Safira Azzah Riscilia dari program studi (prodi) Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT); Yusriyyatur Rohmah, Rhodhotus Sani, dan Nabilah Risky dari prodi Tasawuf dan Psikoterapi (TP); Lailatul Fitriah dari prodi Akidah dan Filsafat Islam (AFI), dan Muhammad Tanwirul Huda dari prodi Pemikiran Politik Islam (PPI).

Saat ini dua mahasiswa masih berada di Indonesia dikarenakan visa berstatus on progress sedangkan enam mahasiswa telah berada di Malaysia sejak 23 April 2024. Mereka sudah mulai berkuliah sejak minggu ini secara offline di Fakulti Pengajian Islam (FPI). Perkuliahan pada minggu ini, lecture mengajak mahasiswa untuk jamuan raya di luar kelas dan ada juga di dalam kelas.

Potret Kebersamaan Jamuan Raya Mahasiswa Student Exchange Indonesia dengan Mahasiswa Malaysia (Sumber: Dokumentasi Pribadi)

“Momen seperti ini baru pertama kali saya rasakan. Momen ini membuat keakraban antara lecture dan mahasiswa terjalin dengan baik. Pada saat itu mahasiswa tidak hanya menikmati cendol saja tetapi juga tetap melangsungkan perkuliahan dengan lecture yang memberikan materi kepada mahasiswa. Selain itu, lecture juga mengecek tugas yang diberikan selama liburan kemarin,” ungkap Safira Azzah Riscilia dalam wawancaranya secara offline pada Sabtu (27/4)

Perkuliahan di dalam kelas tidak kalah seru dengan yang di luar kelas. Mula-mula lecture menyambut dengan ucapan selamat hari raya dan juga membagikan beberapa Tunjangan Hari Raya (THR) kepada Mahasiswa. Setelah itu, lecture melanjutkan kelas dengan materi pembelajaran.

Suasana Perkuliahan di Dalam Kelas Mahasiswa Student Exchange 2024 (Sumber: Dokumentasi Pribadi)

Peserta student exchange pada saat ini di UKM memasuki perkuliahan tahun tiga semester enam. Pada tahun tersebut perkuliahan sudah mengaharuskan mahasiswanya untuk turun lapangan dengan mengadakan program pengabdian masyarakat. Salah satu matakuliah yang menerapkan hal tersebut adalah Shama’ill Muhammadiyah.

Program dalam subjek Shama’ill Muhammadiyah ini akan diadakan di kampung Selarong pada 29 April 2024- 2 Mei 2024. Persiapan untuk program tersebut selama kurang lebih dua minggu. Mahasiswa melakukan gladi bersih tiap harinya pukul 21.00-00.00 waktu Malaysia. Mulai dari acara, pertunjukkan seni, ice breaking, dan lain-lain dimatangkan dengan tuntas. Program ini termasuk program paling besar diantara program-program di matakuliah lainnya. Hal itu dikarenakan melibatkan banyak mahasiswa dan pihak dari kampung Selarong tersebut.

Momen Gladi Bersih untuk Program Pengabdian Masyarakat di Dataran Fakultas Pengajian Islam, Universitas Kebangsaan Malaysia (Sumber: Dokumentasi Pribadi)

“Banyak sekali pengalaman dan pengetahuan baru yang saya dapatkan. Di sini saya dapat mengenalkan budaya Indonesia begitupun juga sebaliknya. Saya harap dengan program student exchange ini dapat menggoreskan sesuatu yang tidak akan terlupakan, bermanfaat untuk kedepannya, dan dapat menjadi evaluasi untuk menjadi lebih baik lagi. Semoga juga dapat diadakan kembali di tahun selanjutnya dengan kerjasama yang lebih luas lagi,” harap salah satu peserta Student Exchange 2024. (Nur Maliyah Nisa Mardiyah – Mahasiswi Fakultas Ushuluddin dan Filsafat)