Berita

UINSA Newsroom, Rabu (15/11/2023) Pada Ahad, 29 Oktober 2023, UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya mendapat kabar menggembirakan. Empat mahasiswa UINSA sukses meraih prestasi dalam ajang perlombaan Lomba Debat Kebangsaan Mahasiswa Tingkat Nasional dalam Pekan Kewarganegaraan Season IV tahun 2023. Lomba ini diselenggarakan HMJ PM-PKN Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Surabaya pada tanggal 28-29 Oktober 2023.

Adalah Trisna Febi Nurlaili dan Maftuhah Nurmalika Febrianti, mahasiswa dari Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UINSA yang berhasil meraih Juara 1 dalam ajang tersebut.

Selain itu, terdapat pula Umi Azmi Fitriyah dari Prodi Hukum Tata Negara Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) dan Ega Ayu Ovian S.J.P dari Prodi Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UINSA yang berhasil meraih prestasi dalam ajang serupa sebagai Juara 2 dan Best Speaker.

Berbeda dengan perlombaan debat pada umumnya, perlombaan debat kali ini menggunakan sistem debat British Parliamentary. “Sejujurnya, kami baru kali ini mengikuti lomba debat dengan sistem British Parliamentary, karena biasanya kami mengikuti perlombaan debat yg menggunakan sistem Asian Parliamentary dan beranggotakan 3 orang, tapi kali ini hanya 2 orang saja. Jadi kami sempat takut dan overthinking, karena aneh rasanya 1 tim hanya 2 orang saja dan menggunakan sistem yang berbeda,” terang Trisna, salah satu perwakilan Tim Debat UINSA Surabaya.

Meski sempat minder, tapi dengan doa dan usaha yang dilakukan tim terbukti mampu membawa mereka menuju kemenangan dalam lomba tersebut. “Alhamdulillah Kami bisa meraih Juara 1. Kuncinya adalah berlatih berlatih dan berlatih,” imbuh Maftuhah.

Atas prestasi para mahasiswa ini, Kepala Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Dr. Arif Mansyuri, sangat bersyukur dan bangga serta berharap agar ke depannya para mahasiswa yang lain juga terus meningkatkan kualitas dan kemampuan. “Dengan hasil yang telah diperoleh semoga dapat menjadi motivasi bagi seluruh mahasiswa untuk terus menorehkan prestasi baik di kancah nasional maupun internasional,” ujar Dr. Arif.

Reportase: Tim Debat
Redaktur: Nur Hayati
Foto: Rian