Berita

Lombok, 30 September 2023 – Dua mahasiswa dari Program Studi Matematika Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel, yaitu Adam Fahri Khariri dan M. Iqbal Widiaputra, bersama dengan dosen mereka, Hani Khaulasari, M.Si turut berpartisipasi dalam ICOMPACT 8th International Conference on Mathematics: Pure, Applied and Computation. Konferensi ini mengusung tema “The Advancements of Mathematics for a Better World” dan diselenggarakan di Lombok, Indonesia, pada tanggal 30 September 2023.

Konferensi ICOMPACT 8th International Conference on Mathematics menjadi platform penting bagi para peneliti matematika untuk berbagi pengetahuan terbaru, ide-ide inovatif, dan temuan-temuan terkini dalam matematika murni, terapan, dan komputasi. Tema “The Advancements of Mathematics for a Better World” mencerminkan tekad untuk mengembangkan matematika sebagai alat yang lebih efektif dalam memecahkan masalah dunia nyata.

Adam Fahri Khariri menghadirkan makalahnya tentang penerapan clustering pada rekrutmen pemain sepakbola. Sementara itu, M. Iqbal Widiaputra menyajikan makalah yang fokus pada penerapan pemodelan matematika penyakit TBC. Hani Khaulasari, dosen prodi Matematika, juga turut mempresentasikan penelitiannya tentang pemetaan data gender.

ICOMPACT adalah platform penting bagi para peneliti matematika untuk berbagi ide, penemuan, dan solusi yang dapat membantu memajukan ilmu matematika untuk perbaikan dunia yang lebih baik. Semua makalah yang dipresentasikan di ICoMPAC 2023 selanjutnya akan diterbitkan di Prosiding Springer Matematika dan Statistika (Terindeks Scopus) atau International Journal of Computing Science and Applied Mathematics-IJCSAM (Sinta 2). Ketiga perwakilan dari UINSA ini berharap penelitian mereka dapat memberikan kontribusi positif dalam menyelesaikan masalah-masalah kompleks matematis di berbagai bidang.