Berita
LPTK UIN Sunan Ampel Surabaya Menyelenggarakan Orientasi Mahasiswa PPG Daljab 2021 Angkatan 2

Minggu, 22 Agustus 2021 telah diselenggarakan Orientasi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPG Daljab) Angkatan 2 yang dikelola oleh Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Kegiatan ini merupakan pertemuan perdana para mahasiswa dengan pihak pengelola LPTK setelah sebelumnya mereka melakukan unggah berkas guna proses verifikasi dan validasi data. Sebanyak 285 peserta orientasi yang merupakan Guru Madrasah dan Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dari berbagai daerah di Indonesia bergabung dalam acara orientasi yang dilaksanakan secara daring melalui aplikasi zoom meeting. Kegiatan ini digelar dalam rangka mempersiapkan mahasiswa PPG Daljab Angkatan 2 yang akan memulai perkuliahan secara daring melalui LMS pada 23 Agustus 2021 mendatang.

Gambar 1. Peserta Orientsasi PPG Daljab Angkatan 2 Tahun 2021 Antusias memasuki ruangan zoom

Sejak pukul 09.00 WIB para peserta orientasi antusias memasuki ruangan zoom untuk melakukan proses checking dan registrasi. Tepat pukul 09.30 acara dibuka oleh Master of Ceremony dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne UINSA. Ketua Pengelola PPG Daljab Tahun 2021 Pendidikan Agama Islam (PAI) sekaligus Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan, Prof. Dr. H. Ah Zakki Fuad memberikan laporan terkait jumlah mahasiswa yang lolos verifikasi dan validasi pada program PPG Daljab Angkatan 2 Tahun 2021. Dalam laporannya beliau memaparkan bahwa LPTK UIN Sunan Ampel Surabaya kembali diberikan amanah untuk melaksanakan program PPG Daljab Angkatan 2 dan jumlah mahasiswa yang lolos verifikasi dan validasi berjumlah 285 mahasiswa dengan rincian 154 mahasiswa Madrasah dan 131 mahasiswa PAI. Beliau juga mengucapkan selamat kepada seluruh mahasiswa yang lulus dan sudah sepatutnya disyukuri dikarenakan masih banyak guru yang masih belum diberikan kesempatan untuk mengikuti PPG. 

Gambar 2. Laporan yang disampaikan Ketua Pengelola PPG Daljab PAI Tahun 2021

Kegiatan dilanjutkan dengan pengarahan oleh Ketua LPTK UIN Sunan Ampel Surabaya, Prof. Dr. H. Ali’Masud, M.Ag., M.Pd.I sekaligus membuka acara Orientasi Mahasiswa. Dalam arahannya, beliau berpesan kepada mara mahasiswa agar memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, dikarena proses menuju guru profesional yang sedang diikhtiarkan saat ini dapat membawa dampak postif serta kemajuan baik bagi diri sendiri, institusi, dan dunia pendidikan secara luas. “Para dosen instruktur PPG LPTK UIN Sunan Ampel Surabaya yang terpilih merupakan dosen yang terbaik yang dapat membimbing para Bapak dan Ibu Guru mahsiswa PPG menuju guru yang profesional dan berkualitas dibuktikan dengan dikuasinya 4 kompetensi wajib yang melekat pada seorang guru”, ujar Ketua LPTK UIN Sunan Ampel Surabaya. 

Gambar 3. Arahan sekaligus pembukaan acara orientasi oleh Ketua LPTK UIN Sunan Ampel Surabaya

Sebelum memasuki pemaparan acara pemaparan materi orientasi, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama mengajak seluruh peserta berdoa bersama agar diberikan kelancaran dan kemudahan selama pelaksanaan PPG selama kurang lebih 4 bulan ke depan. Kegiatan selanjutnya merupakan pemaparan materi yang disampaikan oleh para narasumber. Pemaparan materi sesi pertama disampaikan oleh Wakil Dekan Bidang Perencanaan, Administrasi Umum, dan Keuangan sekaligus Ketua Pengelola PPG Daljab Madrasah, Prof. Jauharoti Alfin, M.Si yang memaparkan materi terkait Kebijakan Pelaksanaan Program PPG Dalam Jabatan Angkatan 2 PAI dan Madrasah Tahun 2021. Dalam penyampaiannya beliau menekankan agar peserta selalu siap supporting system berupa perangkat laptop, ponsel, dan terutama jaringan internet, dikarenakan pelaksanaan pembelajaran PPG di masa pandemi ini seluruhnya dilaksanakan secara daring. 

Gambar 4. Pemaparan Materi oleh Ketua Pengelola PPG Daljab Madrasah

Kegiatan dilanjutkan dengan penjelasan terkait Mekanisme Pelaksanaan Daljab Tahun 2021 oleh Dr. Taufik Si’raj, M.Pd.I selaku Sekertaris PPG Daljab 2021 PAI. Beliau menjelaskan secara garis besar seluruh tahapan yang akan dilalui mahasiswa PPG dimulai dari pendalaman materi, pengembangan perangkat dan uji komprefensif, PPL, hingga UKMPPG yang terdiri dari Uji Kinerja (UKin) dan Uji pengetahuan (UP). Dengan demikian barulah peserta dinyatakan kelulusannya dengan mendapat predikat Guru Profesional bersertifikat pendidik. Bagian akhir dari kegiatan ini adalah pengenalan dan simulasi penggunalan LMS Mahasiswa yang dipandu oleh Tim IT LPTK yakni Muhammad Syahru Ahmad, S.Pd dan Joko Liswadi, S.Kom. Narasumber membimbing peserta mulai dari proses masuk lms (login), proses unggah tugas, memeriksa tugas dan penilaian dosen, hingga ujian dan proses remedial sembari menjelaskan fitur-fitur yang ada pada LMS. Setelah simulasi, peserta diberikan kesempatan untuk memberikan pertanyaan kepada narasumber melalui kolom chat atau raise hand. Acara ditutup dengan sesi foto bersama seluruh peserta orientasi PPG Daljab Angkatan 2 Tahun 2021 :{TL UIN Sunan Ampel Surabaya.

Gambar 5. Pengenalan LMS oleh Tim IT