Berita

“Seperti halnya tarhim Shubuh yang sejatinya untuk membangunkan dengan kasih sayang sehingga orang tidur yang sedang membangun mimpi dapat bangun karena hanya mimpi hanya keinginan saja tidak akan memenuhi kebutuhan. Begitupun Review Kurikulum ini adalah untuk membangunkan kita agar menyadari kebutuhan saat ini dimana landasan yang mengitari kita bergerak dinamis dan berkembang cepat sehingga kita perlu bangun dari mimpi-mimpi untuk mewujudkan keinginan dan memenuhi kebutuhan” – Prof. H. Muhammad Thohir, M.Pd

Dalam menyongsong Semester Genap Tahun Akademik 2022/2023, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris sukses menyelenggarakan Review Kurikulum Prodi PBI pada Rabu (22/2) di GreenSA Inn, Juanda Sidoarjo. Kegiatan yang dimulai pukul 08.00 WIB ini melibatkan sejumlah variasi unsur dari mulai dosen internal, pemangku kebijakan internal, dosen mitra, guru mitra, alumni, dan juga mahasiswa sebagai peserta.

Kegiatan diawali dengan laporan panitia sebelum disambut dan dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Prof. Dr. Hj. Muhammad Thohir, M.Pd. “Seperti halnya tarhim Shubuh yang sejatinya untuk membangunkan dengan kasih sayang sehingga orang tidur yang sedang membangun mimpi dapat bangun karena hanya mimpi hanya keinginan saja tidak akan memenuhi kebutuhan. Begitupun Review Kurikulum ini adalah untuk membangunkan kita agar menyadari kebutuhan saat ini dimana landasan yang mengitari kita bergerak dinamis dan berkembang cepat sehingga kita perlu bangun dari mimpi-mimpi untuk mewujudkan keinginan dan memenuhi kebutuhan”, tutur Prof. Dr. Hj. Muhammad Thohir, M.Pd. Segala proses, masukan dan hasil yang diterima pada kegiatan ini tentu menjadi bekal penting dalam mewujudkan Prodi PBI yang lebih baik.

Dengan menghadirkan tiga unsur berbeda sebagai narasumber di tiga sesi berbeda, kegiatan Review Kurikulum ini mengajak peserta untuk meluaskan perspektif sebelum mereka memberikan masukan untuk Kurikulum MBKM prodi PBI. Pada sesi pertama, kegiatan ini menghadirkan Ahmad Munir, Ph.D, seorang dosen yang juga saat ini menjabat sebagai Ketua Program Studi S2 Pendidikan Bahasa Inggris dari Universitas Negeri Surabaya. Dalam paparannya Ahmad Munir, Ph.D mengulas beberapa poin penting terkait MBKM yang diadaptasi oleh kurikulum Prodi PBI yang juga disandingkan dengan Panduan MBKM yang dimiliki oleh UIN Sunan Ampel Surabaya, termasuk jenis MBKM dan bagaimana MBKM yang dipilih bisa sesuai dengan tagihan akreditasi LAMDIK. Sejumlah masukan lain juga beliau berikan berkaitan dengan Capaian Profil Lulusan (CPL) dan juga jumlah total SKS yang dinilai kuantitasnya berlebih.

Sesi kedua kegiatan Review Kurikulum menghadirkan Ahmad Lubab, M.Si yang merupakan Kepala Audit Mutu di Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN Sunan Ampel Surabaya. Beliau memaparkan konsep MBKM yang menjadi landasan dari Panduan MBKM yang saat ini dimiliki oleh UIN Sunan Ampel Surabaya dan dirujuk oleh seluruh prodi yang ada. Selain konsep Merdeka, Ahmad Lubab, M.Si juga memberikan hasil review terhadap kurikulum Prodi PBI yang sebelumnya memang telah ditelaah oleh LPM. Pada kesempatan ini, hasil tersebut dipaparkan.

Review kurikulum oleh pemangku kepentingan/pengguna dalam kegiatan ini dilakukan oleh Suci Handayani, S.Pd., M.Pd yang merupakan guru bahasa Inggris di UPT SMPN 3 Gresik sebagai narasumber pada sesi ketiga. UPT SMPN 3 Gresik merupakan sekolah penggerak sehingga sudut pandang review dari guru di sekolah tersebut sangat diperlukan agar kurikulum Prodi PBI dapat menghasilkan lulusan yang sesuai dengan kebutuhan pendidikan yang nyata pada saat ini. “Kompetensi yang dibutuhkan oleh calon guru yaitu kompetensi dalam menavigasi informasi digital sampai menghasilkan karya, penguasaan pengelolaan kelas yang memiliki siswa berkebutuhan khusus pada mata kuliah Lesson Planning and Classroom Management”, ujar Suci pada salah satu paparannya.

Peserta sangat antusias dan pada diskusi interaktif di setiap sesi. Menjelang akhir kegiatan, seluruh peserta memberikan hasil review dan masukan terhadap kurikulum prodi. Terdapat variasi masukan karena sudut pandang unsur yang berbeda. Tentunya hasil dari kegiatan ini akan menjadi bekal Prodi PBI untuk menyesuaikan kembali kurikulum MBKM nya dan menjadikannya lebih baik sehingga mampu bangun dan mewujudkan keinginan dan mimpi-mimpi besar untuk menjadi kenyataan.