Berita

UIN Sunan Ampel Surabaya

Wednesday, 24 August 2022

JOB FAIR, LAYANAN AFTER EDUCATION PERTAMA DARI IKA UINSA

UINSA Newsroom, Selasa (23/08/2022); Di hari yang sama dengan Pelantikan Pengurus IKA-UINSA Surabaya, Menteri Ketenagakerjaan RI, Dr. Dra. Hj. Ida Fauziah, M.Si., secara resmi membuka Jobfair PASKER.ID ‘Goes to Campus’ yang mengusung tema ‘Improving the Employment Condition to Recover Together’ di Gedung Sport Center and Multipurpose UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya. Kegiatan ini digelar selama dua hari Selasa-Rabu, 23-24 Agustus 2022. Menghadirkan 47 perusahaan dengan 188 jabatan terdiri dari 3.873 lowongan yang bisa diisi.

Kepala Pusat Pasar Kerja, Muchamad Yusuf, S.T., M.Si., dalam laporannya menyampaikan, bahwa kegiatan yang diinisiasi Kemenaker RI ini diharapkan menjadi sarana pertemuan antara pencari dan pemberi kerja. Dalam kesempatan ini, juga dilakukan penyerahan secara simbolis Manfaat Layanan Tambahan Perubahan Program Jaminan Hari Tua kepada peserta BPJS Ketenagakerjaan oleh Menaker RI didampingi Dirut BTN dan BPJamsostek.

Rektor UINSA Surabaya, Prof. Akh. Muzakki, M.Ag., Grad.Dip.SEA., M.Phil., Ph.D., daam sambutan selamat datang menyambut secara langsung Rombongan Menaker RI serta para pengunjung Jobfair. Rektor juga menyampaikan terima kasih, atas perkenan Menaker RI, kegiatan Jobfair kali ini bisa diselenggarakan di UINSA Surabaya.

Rektor menengaskan, bahwa UINSA Surabaya merupakan salah satu kampus Islam terbaik di Indonesia. UINSA Kampus A. Yani, juga merupakan satu-satunya PTKIN yang dibangun diatas tanah bukan milik negara. Tanah di Kampus A. Yani merupakan hasil wakaf para Kyai sepuh Jawa Timur untuk negara.

“Ini amanah para kyai sepuh yang diberikan kepada Perguruan Tinggi Islam Negeri yang bernama Sunan Ampel lalu dihibahkan kepada negara. Lalu sekarang menjadi aset negara. Amanah para kyai sepuh ini diantaranya adalah untuk menyediakann kanal/saluran bagi para santri, bagi warga bangsa untuk mendapatkan penghidupan yang lebih baik di masa yang akan datang,” terang Prof. Muzakki.

Rektor menilai, tagar yang digunakan Kementerian Ketenagakerjaan dalam kegiatan Jobfair kali ini yakni  #getajoblivebetter sangat keren. Hal ini sesuai dengan salah satu diksi dalam tema yakni to Recover Together. Karena sebagaimana peribahasa barat mengatakan, ‘If you want to go fast, go alone. But if you want to go far go together.’

“Pulih lebih cepat, bangkit bersama itu kebutuhan kita semua sebagai bangsa Indonesia hari ini. Maka ijinkan saya mewakili Tim Manajemen UIN Sunan Ampel Surabaya menyampaikan selamat datang kepada Ibu Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia di Kampus tercinta,” ujar Prof. Muzakki.

Rektor mengajak kepada segenap peserta kunjungan jobfair untuk memanfaatkan kegiatan ini. “Kita manfaatkan Jobfair kita kali ini untuk kebutuhan pulih segera, pulih lebih cepat, bangkit bersama,” pungkas Prof. Muzakki.

Sementara itu, Menaker RI, dalam sambutannya menyampaikan bahwa UINSA Surabaya merupakan kampus yang layak menjadi tuan rumah kegiatan Jobfair. Tema kegiatan Jobfair ‘Goes to Campus’ tahun 2022 ini, menurut Menaker RI, relevan dengan semangat dan upaya bersama untuk bangkit memulihkan dampak pandemi. Terutama di sektor ketenagakerjaan yang dampaknya sangat terasa.

Menaker RI yang juga Ketua Umum IKA-UINSA tersebut menegaskan, bahwa berbagai upaya dilakukan pemerintah untuk memulihkan dampak akibat pandemi. Revolusi industri 4.0 mendorong transformasi digital yang menawarkan peluang sekaligus tantangan. Ditegaskan pula, bahwa pasar kerja saat sangat dinamis dan seringkali unpredictable. “Untuk itu layanan pasar kerja seperti yang kita lakukan ini sangat penting untuk mempertemukan suplai dan demant,” ujar Menaker RI.

Dalam kegiatan yang menghadirkan guest star, ‘Wali Band’ tersebut, Menaker RI menjelaskan, bahwa Kemenaker RI juga menyediakan berbagai layanan informasi ketenagakerjaan yang dapat diakses semua masyarakat. (All/Humas)