Berita
Jalin Silaturahim dan Perkuat Relasi, Prodi Pendidikan Matematika UINSA Adakan Studi Banding ke Prodi Tadris Matematika UIN Mataram

Senin, 21 November 2022 – Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya melakukan studi banding ke Prodi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Mataram Nusa Tenggara Barat. Studi banding ini selain dilaksanakan untuk menjalin silaturahmi juga untuk memperkuat relasi khususnya di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi kedua belah pihak. Kegiatan pada hari ini diawali dengan penyambutan dan pembukaan oleh Dekan FTK UIN Mataram, Dr.Jumarim, M.H.I . Pada sambutannya, beliau menyampaikan apresiasi atas moment studi banding yang dilaksanakan pada hari ini ini, baginya kegiatan tersebut layaknya orang tua yang mengunjungi anaknya yang sudah cukup berkembang besar  lantaran UIN Sunan Ampel telah berdiri lebih dulu dibandingkan UIN Mataram Nusa Tenggara Barat.

Dr.Jumarim, M.H.I  juga mengharapkan adanya keberkatan dan keberkahan dari kegiatan ini. Keberkatan yang dimaksud adalah berupa manfaat yang dapat dirasakan langsung berupa keberlanjutan kerjasama diantara prodi-prodi UIN Sunan Ampel Surabaya dan Mataram Nusa Tenggara Barat. Kegiatan implementasi kerjasama misalnya visiting lecturer dan student exchange antara UIN Mataram dan UIN Sunan Ampel Surabaya. 

Sambutan dari UIN Sunan Ampel Surabaya diwakili oleh Moh.Faizin, M Pd.I, . Beliau merupakan Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel. Pada sambutannya, beliau menegaskan kembali tentang harapan  dari studi banding ini yaitu untuk mewujudkan visi misi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan yakni penguatan kapasitas program studi dalam membangun pendidikan tinggi yang unggul dan kompetitif, hal ini mengingat  UIN Mataram adalah salah satu kampus di Nusa Tenggara Barat yang terakreditasi unggul dan sebagian besar prodinya telah terakreditasi A. Setelah acara perkenalan jajaran pimpinan dari FTK UIN Mataram dan UIN Sunan Ampel yang tergabung dalam kunjungan studi tersebut, selanjutnya melakukan penandatanganan MoA antara FTK UINSA dengan FTK UIN Mataram.

Pada akhir kegiatan, prodi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel yang diwakili Ketua dan Sekretaris Jurusan Pendidikan MIPA melakukan pertemuan dengan Ketua Program Studi Tadris Matematika Bapak Dr. Alkusaeri, M.Pd terkait dengan pembahasan implementasi MoA di bidang tri dharma perguruan tinggi mulai dari pengembangan dan penguatan akademik dan akreditasi program studi seperti penerapan kurikulum MBKM yaitu student exchange, dan kuliah tamu, penguatan riset penelitian dan publikasi ilmiah, pengabdian dan KKN Nasional, serta seminar dan forum nasional. 

Salah satu implementasi MoA dalam waktu dekat ini terkait dengan penelitian dan publikasi ilmiah yaitu exchange reviewer antara  jurnal Beta: Tadris Matematika UIN Mataram dengan Jurnal Reviewer Pembelajaran Matematika (JRPM) UIN Sunan Ampel Surabaya. Seperti diketahui status akreditasi Jurnal Beta: Tadris Matematika UIN Mataram ini sudah terakreditasi Sinta 2 dan JRPM UIN Sunan Ampel Surabaya masih terakreditasi Sinta 3, oleh karenanya perlu belajar terkait kualitas artikel dan tata kelola Jurnal Pendidikan Matematika.