Berita

Malaysia, 28 Mei 2024 – International Student Mobility Program Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (FISIP UINSA) Surabaya melanjutkan rangkaian kegiatan mereka di Malaysia dengan kunjungan ke Karangkraf Group, di Shah Alam, ibu kota negara bagian Selangor, Malaysia. Karangkraf adalah adalah perusahaan penerbitan, percetakan, dan distribusi majalah, buku, dan bahan cetakan ternama di Asia Tenggara. Kegiatan industry visit ini merupakan bagian dari kerja sama antara FISIP UINSA dan Universiti Pertahanan Nasional Malaysia (UPNM).

Rombongan yang terdiri atas 20 mahasiswa dari tiga program studi dan tiga dosen, termasuk Wakil Dekan III, Bu Dr. Aniek Noerhayati, M.Si., Pak Zaky Ismail, M.S.I., dan Pak Moh. Wahyu Diansyah, S.I.P., M.Env.Mgmt., tiba di Malaysia pada hari Senin dan disambut dengan hangat oleh pihak UPNM di Kuala Lumpur International Airport. Pada hari kedua, Selasa 28 Mei kemarin, mereka mengunjungi Karangkraf Publisher, yang dimediasi dan difasilitasi oleh Dr. Sharizan dari UPNM.

Kunjungan ke Krangkraf Group ini sangat mencerahkan bagi para dosen dan mahasiswa. Karangkraf dikenal sebagai penerbit terbesar di Malaysia, yang menerbitkan beragam publikasi mulai dari media harian, Al-Quran, buku sekolah, hingga novel. Sejarah Karangkraf dimulai dengan surat kabar harian Sinar Harian, yang juga dilengkapi dengan edisi khusus seperti Sinar Islam yang beredar setiap hari Jum’at dengan konten seputar Islam, Sinar Plus pada hari Ahad dengan konten seputar hiburan dan lifestyle, dan Sinar Bestari untuk konten pendidikan. Media-media di bawah naungan Karangkraf Group ini juga hadir dalam format digital melalui YouTube, TikTok, Instagram, Facebook, dan podcast, yang menerbitkan konten setiap hari di platform online masing-masing.

Di Karangkraf, tim FISIP UINSA diantar berkeliling oleh Tuan Hasyim, Ketua Corporate Karangkraf, untuk melihat langsung proses pencetakan media harian, Al-Quran, novel, dan buku sekolah. Mereka juga bertemu dengan tim lifestyle dari media Sinar Plus dan berdialog panjang dengan Puan Nurbayq Binti Abdul Rezak, Editor dari Sinar Bestari. Diskusi ini memberikan wawasan mendalam tentang manajemen dan strategi media di era digital yang menghadapi berbagai tantangan.

Selanjutnya, setelah berkeliling perusahaan, tim berkesempatan bertemu dengan Datuk Mohammad Nasir, salah satu Founder Karangkraf. Datuk Mohammad Nasir berbagi cerita inspiratif tentang awal pendirian Karangkraf hingga kejayaan Sinar Harian. Beliau menekankan prinsip kegigihan dan inovasi sebagai kunci keberhasilan dalam menghadapi tantangan dan perubahan zaman. “Inovasi adalah kata kunci yang ditekankan di era sekarang,” ujar Datuk Nasir kepada para mahasiswa. Selain itu, Datuk Nasir menekankan pentingnya kerja sama antara Malaysia dan Indonesia untuk menjadi negara yang kuat dan berkontribusi pada kejayaan Nusantara serta kedamaian di kawasan. Kunjungan ini memberikan pelajaran berharga bagi mahasiswa dan dosen FISIP UINSA, yang diharapkan dapat menerapkan prinsip-prinsip tersebut dalam perjalanan akademis dan profesional mereka.

Kegiatan industry visit ke Karangkraf Group tidak hanya memberikan wawasan tentang industri penerbitan, tetapi juga memupuk semangat inovasi dan keteguhan dalam menghadapi tantangan masa depan. Pengalaman berharga seperti ini menegaskan pentingnya menjalin dan merawat kerja sama internasional oleh lembaga. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan wawasan lulusan FISIP UINSA, sehingga mereka siap menghadapi dinamika global yang terus berkembang dan semakin kompleks. (AN/WD)