Berita

Tahun ini program studi matematika merayakan Puncak haflah miladiyah sekaligus  maulid nabi muhammad SAW yang bertempat di Auditorium UIN Sunan Ampel Surabaya yang beralamatkan jalan A.Yani 117,Surabaya. Pada tahun ini pula pelaksanaan puncak haflah dan maulid nabi muhammad SAW dilaksanakan secara offline sepenuhnya,yang mana juga menghadirkan bintang tamu atau narasumber yang tidak kalah hebat. Pada rangkaian acara haflah dan maulid nabi tahun ini dilaksanakan juga beberapa lomba,yang mana lomba lomba tersebut dibagi menjadi dua kategori,yaitu lomba untuk internal dan lomba untuk eksternal,perlombaan eksternal diantaranya E-sport Competition,Lomba akuistik,Lomba tari tradisional,serta Festival banjari. Untuk lomba internal adapun pula yaitu, Lomba Cover Sholawat dan Pemilihan duta matematika tahun 2022. Pada lomba eksternal e sport dan tari tradisional dilaksanakan secara online.

E-Sport competition merupakan salah satu perlombaan yang hadir dalam perayaan haflah dan maulid nabi SAW tahun ini,yang mana perlombaan tersebut membuka pendaftaran pada 1 Agustus 2022 hingga 15 Oktober 2022 dengan technical meeting pada tanggal 17 Oktober 2022 dan Match day pada tanggal 22 Oktober 2022. Pada perlombaan ini juga membuka biaya pendaftaran sebesar 30.000 pertim,dan hingga penutupan pendaftaran telah terkumpul 9 tim sebagai perserta lomba. Pada perlombaan e sport kali ini mengusung game Mobile Legends Bang Bang. Perlombaan ini dimulai dengan pemberian pertaturan langsung oleh Penanggung jawab pada technical meeting. Perlombaan ini dimulai pada jam 09.00 yang mana diikuti langsung oleh 8 tim, yang mana babak tersebut adalah babak kualifikasi, dilanjutkan pada jam 10,30 dengan tim yang telah lolos dan siap masuk ke babak semifinal. Selanjutnya pada jam 13.00 dilaksanakan perebutan juara 3 dan diakhiri jam 15.30 untuk babak final. Pada perlombaan ini berjalan lancar meskipun ada kendala dari beberapa tim yang tidak bisa hadir pada waktu yang telah disepakati dan akhirnya memutuskan untuk WO atau keluar dari perlombaan. Pada perlombaan e sport tahun ini khususnya pada babak perebutan juara 3 dan babak final disiarkan langsung pada laman youtube HIMATIKA ALGEBRA, yang mana pertandingan tersebut bisa disaksikan oleh khalayak ramai. Pada perlombaan e-sport ini pula menghadirkan 3 juara yaitu Jasmin tea untuk juara pertama, Tim Internasional One B juara kedua dan Tim Internasional One A sebagai juara ketiga. Ketiga tim tersebut telah diberikan hadiah juara dan sertifikat pada tanggal 29 Oktober 2022, serta sertifikat peserta pada masing masing peserta lomba yang telah berpartisipasi.

Lomba tari tradisional merupakan salah satu perlombaan baru yang hadir dalam rangkaian perayaan haflah miladiyah dan maulid nabi muhammad SAW tahun ini. Perlombaan ini membuka awal pendaftaran pada 25 juli hingga 15 oktober 2022, pengumpulan video pada 17-19 Oktober 2022, penilaian para juri 20-26 Oktober 2022 serta pengumuman pada tanggal 27 Oktober. Pada perlombaan tari tradisional ini dibagi menjadi beberapa kategori diantaranya, Individu tingkat SD/SMP dan sederajat(Kelompok A) individu tingkat SMA/MAHASISWA dan sederajat(Kelompok B). Tim tingkat SD/SMP dan sederajat(Kelompok C) serta Tim tingkat SMA/MAHASISWA dan sederajat(Kelomok D). Pada perlombaan tari tradisional kali ini merupakan lomba yang cukup mudah karena para peserta cukup mengirimkan link video tari mereka pada form yang telah disediakan oleh panitia dan telah memenuhi syarat syarat yang telah ditentukan oleh panitia pada saat lomba berlangsung.berikut adalah para pemenang dari lomba tari tradisional yang telah diberikan penjurian secara fair oleh para juri, Kelompok A juara 1 dimenangkan oleh Atria Talitha Sakhi dengan tari seka rinonce juara 2 Ghaziyah Nada Adillah dengan tari payung geluis.Kelompok B juara 1 dimenangkan oleh Ni Putu Ira Karisma Santi dengan tari trunajaya, juara 2 Wirdha Febriyana Wulandari dengan Tari Condong. Kelompok C juara 1 oleh tim dari PPST SMPN 4 malang dengan tari sandya narawangsa,juara 2 oleh tim SD sendang mulyo 4 kota Semarang dengan tari kebo kinul.Kelompok D juara 1 oleh tim Ragakirana dengan tari laskar tari,dan juara 2 oleh UKM seni tari kirana bhaskara UAS dengan tari Renggong manis.

Puncak acara haflah miladiyah dan maulid nabi 2022,dilaksanakan pada tanggal 27 oktober 2022, yang mana pada perayaan hari puncak ini terdapat banyak sekali rangkaian acara yang menarik,diantaranya lomba cover sholawat yang diikuti oleh 3 angkatan wajib program studi matematika UINSA, diantaranya yaitu angkatan 2020 angkatan 2021, dan angkatan 2022. Begitu juga pemilihan duta matematika tahun 2022 yang wajib diikuti oleh 3 angkatan tersebut. Acara puncak pada tanggal 27 oktober 2022, dimulai sedikit terlambat pada 09.00 dan dibuka oleh MC yaitu kak trisna angkatan 2020 dan kak riska angkatan 2021 yang akan memandu serangkaian acara tersebut. Acara dimulai dengan pelantunan lagu indonesia raya dan mars himatika algebra. Setelah lantunan lagu tersebut langsung masuk ke perlombaan cover sholawat yang dimulai oleh angkatan 2021,2020,dan angkatan 2022. pada perlombaan ini langsung dijuri oleh dua juri yaitu kak annisa alumni prodi matematika angkatan 2017,serta kak evi warga matematika angkatan 2019. Setelah perlombaan cover sholawat selesai langsung berlanjut ke pemilihan duta matematika 2022.

Pada pemilihan duta matematika 2022 ini mewajibkan 3 angkatan yang harus mendelegasikan pasangannya,yang mana angkatan 2020 diwakili oleh kak achmad syaifullah,dan kak desta, angkatan 2021 oleh kak audyra dan kak syamil,s erta angkatan 2022 oleh kak sufi dan kak tegar. Pemilihan ini dimulai dengan catwalk dari masing masing pasangan duta. Setelah itu pemutaran video minat bakat yang telah terhimpun sebelumnya sebagi salah satu syarat dalam mengikuti pemilihan ini.Pada pemilihan duta tahun 2022 ini dijuri langsung oleh ibu dosen prodi matematika yaitu,Bu Wika diana utami,mantan Ketua Himatika Algebra tahun 2021 kak diyan,serta duta terpilih tahun 2019 yaitu kak Yasirah. Setelah pemutaran video minat bakat dilanjutkan dengan sesi tanya jawab langsung oleh masing masing juri kepada para calon duta dengan waktu menjawab masing masing maksimal 1 menit. Pada pemilihan duta kali ini,mengusung konsep yang sangat mendadak, yang mana dikarenakan nilai yang dinilai para juri kurang memuaskan akhirnya membuat para calon duta menampilkan bakat mereka langsung di depan audience untuk menambah nilai.

Setelah kedua perlombaan tersebut selesai maka masuk pada waktu ishomah pada pukul 12.30 dan acara dimulai kembali pukul 13.15, pada sela sela ishomah para panitia memberikan snack yang telah dihimpun oleh warga matematika yang hadir sebagai tanda dan merayakan maulid nabi muhammad SAW yang akrab kaitannya dengan tukar makanan. Setelah waktu ishomah selesai maka masuk pada waktu pengumuman para juara dari perlombaan internal yang sudah diselenggarakan.dengan juara dari cover sholawat adalah angkatan 2020 dan duta matematika 2022 terpilih adalah pasangan Syamil Waris Dien dan Airu Sufi yang akan menjabat sebagai duta matematika 2022 selama 1 periode.

Setelah pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah oleh ketua Himatika algebra dan duta tahun 2021 maka masuklah pada sesi ice breaking yang mana diisi oleh lantunan sholawat oleh albanjari matematika.Pada pukul 16.00 narasumber sekaligus guest star special akhirnya hadir,Kh M.Anas Fauzie yang akan memberikan ceramah pada puncak haflah miladiyah dan maulid nabi muhammad SAW tahun ini,pada kesempatan ini juga acara ini dihadiri langsung oleh dekan fakultas saintek yaitu bapak A Saepul hamdani,dan kaprodi matematika ibu yuniar farida,bapak wadek 1 fakultas saintek yaitu bapak hafiyussholleh, serta pembina himatika algebra yaitu ibu hani khaulasari. Sebelum masuk pada acara inti yaitu penyampaian ceramah dilaksanakan pemotongan tumpeng sebagai makna simbolis dari perayaan haflah miladiyah dan maulid nabi tahun 2022 yang didoakan langsung oleh narasumber dan dipotong oleh ibu kaprodi dan diserahkan kepada ketua himatika algebra yaitu saudara daffa nur cholis.Pada rangkaian ceramah ini dihadiri sekurang kurangnya 250 audience yang terdiri dari masyarakat umum dan warga matematika uinsa. Ceramah berakahir pada jam 17.10 yang disambung langsung dengan sesi tanya jawab kepada narasumber.pada pukul 17,25.tepat pada pukul 17.30 berakhirlah sudah rangkaian acara puncak haflah miladiyah dan maulid nabi muhammad SAW yang ditutup oleh MC. (Nab/Nis)