Berita

Internasionalisasi menjadi keharusan bagi setiap perguruan tinggi untuk bisa dikenal secara global. Kegiatan ini adalah salah satu program prioritas UINSA International Office yaitu kegiatan International Youth Camp 2023 dengan tema “Exploring Indonesia’s Marine Heritage: Traditional Practices and Cultural Celebration“. Acara ini dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut pada tanggal 8, 9, dan 10 Agustus 2023 dengan melibatkan banyak mahasiswa asing yang sedang berkuliah di berbagai perguruan tinggi di pulau Jawa.

Program International Youth Camp tahun ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan dalam dunia kelautan serta untuk mengekspos kekayaan budaya dan sejarah dunia kelautan Indonesia kepada dunia global yang dalam hal ini adalah kepada mahasiswa/i asing. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengenalkan kebudayaan Jawa pada mahasiswa/i asing adalah dengan mengenalkan Tari Remo saat pembukaan program yang bertempat di Tengku Ismail Yakub Tower lantai 9. Selain itu, mahasiswa/i asing juga diajak untuk berpartisipasi dan terjun langsung dalam melihat keanekaragaman hayati dan hewani yang membentang luas di perairan Wisata Mangrove Wonosari.

Mahasiswa/i asing juga dibekali dan diajarkan cara menanam mangrove guna mengurangi absorpsi laut. Sehingga mereka mendapatkan pemahaman dan keunikan tersendiri dari kota Surabaya dan mengupayakan Surabaya as a Green City lewat pengumpulan sampah di kawasan Hutan Mangrove.

Agenda selanjutnya meliputi kunjungan ke Pantai Kenjeran dan pusat oleh-oleh wisata Pantai Kenjeran. Kunjungan ini bertujuan untuk mengenalkan dan mengakrabkan mahasiswa/i asing dengan kultur dan budaya warga Surabaya yang akrab dengan wisata pantainya serta melibatkan mahasiswa/i asing terjun langsung ke dalam kehidupan masyarakat yang bermata pencaharian sebagai nelayan tradisional.

Selain itu, mahasiswa/i asing juga diajak untuk berpartisipasi dalam lomba untuk menyongsong hari kemerdekaan Indonesia sebagai tanda selebrasi serta menanamkan pemahaman akan hari kemerdekaan Indonesia. Lomba-lomba tersebut diikuti dengan meriah oleh para peserta. Di akhir acara, semua grup diberikan hadiah sebagai bentuk apresiasi dalam lomba ini, kemudian dilanjutkan dengan sesi dokumentasi.

Setelah melakukan beberapa kegiatan selama program International Youth Camp 2023, mahasiswa/i asing mengikuti serangkaian acara penutupan dengan menggunakan pakaian adat dari negaranya masing-masing. Setiap mahasiswa/i asing diberikan penghargaan sebagai bentuk apresiasi karena telah berkontribusi aktif selama kegiatan berlangsung.