Berita
Tema: Temu Alumni dan Seminar ” Mewujudkan Kebersamaan Guna Membangun Jaringan yang berkelanjutan dan bersinergi dalam memajukan Program Studi Bahasa Arab “
Sabtu, 25 Mei Himpunan Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab menggelar acara Temu Alumni dan Seminar Nasional dengan mengangkat tema;
“Mewujudkan Kebersamaan Guna Membangun Jaringan yang berkelanjutan dan bersinergi dalam memajukan Program Studi Bahasa Arab” diharapkan dengan adanya acara Temu Alumni ini dapat menjalin silaturrahim keluarga besar PBA dan juga untuk mendapatkan inspirasi dari kedua narasumber yang hebat. Acara dimulai pada pukul 09.30 yang diselenggarakan di Aula lt.4 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya.
Acara dibuka dengan pra acara Al-banjari yang ditampilkan oleh mahasiswa Prodi Pendidikan bahasa Arab. Dilanjut dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an yang dilantunkan oleh Ahmad Zidqi Alhilmani/ Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab semester 2. Yang selanjutnya yakni menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan HYMNE uinsa yang dipimpin oleh Hanna Nor Fadhilah /mahasiswi Prodi Pendidikan Bahasa arab semester 2. Dilanjutkan dengan sambutan oleh ketua pelaksana, yakni Ahmad Roihan Alfarizi, kemudian disambung oleh sambutan Ketua Himpunan Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab oleh Ade Rizky Hermawan, dan yang terakhir yakni sambutan oleh Kepala jurusan Bahasa ustadz Moh. Faizin M.Pd.I. Dan pada acara kali ini, Bapak dekan Prof. H. Mohammad Thohir berhalangan hadir dan tanpa mengurangi rasa hormat , beliau menitipkan pesan kepada para hadirin “Semoga kegiatan temu Alumni dapat bermanfaat dan semoga dapat berlanjut pada program program selanjutnya” dalam temu alumni ini , dilanjut dengan penampilan tari dari Mahasiswi Prodi Pendidikan Bahasa arab.
Acara temu alumni sekaligus seminar ini diisi oleh dua narasumber dari alumni yang sangat luar biasa, narasumber pertama yakni Prof .Dr . H. Mohammad Thoha , M. P. I, beliau adalah Wakil Dekan 2 IAIN Madura dan Alumni PBA Angkatan 1997. Dan narasumber yang kedua yakni Prof. Dr. Mutimmatul Faidah S. ag . M. Ag, beliau adalah Direktur pencegahan dan Penanggulangan isu Strategis UNESA dan salah satu alumni Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab angkatan 1994. Dan tak lupa moderator kita yakni Ahmad Rifa’i S. Pd, beliau sudah menjadi Profesional MC dan salah satu alumni Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab Angkatan 2017.
Sebelum di penghujung acara, ada sedikit penampilan puisi yang bertajuk “PBA Uinsa Surabaya” dari salah satu Alumni PBA yakni Bapak Nur Azis Asmuni, dan acara ditutup dengan pembacaan do’a yang dipimpin oleh Sekretaris Prodi yakni Dr . Imam Syafii. S. Ag. M.Pd. M Pd.i. , dilanjut ramah tamah antar alumni dan Mahasiswa serta diiringi oleh penampilan akustik yang dibawakan oleh Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab.
Dalam menyampaikan materi, Prof .Dr . H. Mohammad Thoha, M. Pd.i, beliau berpesan kepada para Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab “Bahwa kalian harus bangga menjadi Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab karena kalian adalah orang-orang yang terpilih dari sekian banyak orang, dan karena bahasa kalian bisa menjadi apa saja saat terjun dimasyarakat”
Acara ini berakhir pada pukul 12.30 siang hari yang ditutup dengan sesi dokumentasi.