Berita

SUGUHKAN TARI KEMBANG TANDHAK’AN: KONTINGEN UINSA PUKAU PESERTA PWN PTK XVI 2023

UINSA Newsroom, Rabu (24/05/2023); Pada Selasa, 23 Mei 2023, tepat pukul 21.23 WITA Kontingen UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya mendapatkan giliran tampil dalam Parade Budaya Nusantara. Dalam Pentas Seni Nusantara ini, Kontingen UINSA Surabaya membawakan Tari Kembang Tandhak’an.

Dibawakan oleh empat orang penari,  penampilan sukses menghibur dan menghinoptis para penonton yang hadir. Penonton yang terdiri dari para peserta PWN PTK XVI dan Masyarakat Limboto-Gorontalo tampak antusias menyaksikan dengan hikmat dan penuh gembira.

Nuhyatul Ainiyah, salah satu penari menyampaikan, bahwa tari ini sengaja dibawakan dalam rangka mengenalkan berbagai budaya di Kota Surabaya. “Mungkin orang lain sering mendengar Tari Remo, namun untuk Tari Kembang Tandhak’an jarang diketahui. Oleh karenanya, kami membawakan tarian ini,” terangnya.

Disampaikan Nuhyatul Ainiyah, sebenarnya Tari Kembang Tandhak’an lebih dikenal dengan istilah Tari Lenggang. Tari ini merupakan adaptasi pengembangan dari kesenian yang ada, yakni Ledek Tayub dan Sandur Madura.

“Selain dalam rangka memperkenalkan, kami juga turut serta untuk menghidupkan dan melestarikan. Ke depan, tarian-tarian tradisional ini akan kami kembangkan dalam Unit Kesenian yang dimiliki oleh Pramuka UIN Sunan Ampel Surabaya,” tandasnya. (Bgs/Bindamping)