Berita

PERKUAT UMKM LOKAL, KKN 63 UINSA GELAR SOSIALISASI SERTIFIKASI HALAL

UINSA Newsroom, Senin (14/06/2023); Guna mendukung program pemerintah Sertifikasi Halal Gratis (SEHATI), kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) 63 UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya bersama dengan perangkat Desa Kalibendo, Lumajang mengadakan sosialisasi dengan tema “Perkuat UMKM Lokal dengan Sertifikasi Halal” pada Ahad, 30 Juli 2023.

Produk halal merupakan kebutuhan pokok Masyarakat Muslim di Indonesia. Dengan adanya hal tersebut, pemerintah berupaya memenuhi itu melalui sertifikasi dan labelisasi halal pada setiap produk makanan, minuman, obat, dan kosmetik yang beredar dengan program sertifikasi halal gratis (SEHATI). Pada tahun 2024 semua produk diwajibkan memiliki sertifikat halal. Proses sertifikasi halal dilakukan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH).

Kegiatan yang berlokasi di Balai Desa Kalibendo, Lumajang ini mendapat antusiasme yang baik dari para peserta sosialisasi. Adapun peserta berasal dari karang taruna dan para pelaku UMKM Desa Kalibendo dan sekitarnya berjumlah 18 orang.

Selain mengadakan sosialisasi, juga terdapat bantuan berupa pembuatan sertifikasi halal serta Nomor Induk Berusaha (NIB) bagi seluruh pelaku UMKM yang hadir. Namun untuk sertifikasi halal hanya tersedia 2 kuota bagi yang bisa menjawab pertanyaan dari panitia dikarenakan lamanya jangka waktu untuk penerbitan sertifikasi halal.

“Untuk perizinan, orang sini itu awam yang penting laku. Soalnya mereka itu dagangnya masih tradisional,” ucap Thoyibah selaku Pendamping Produk Halal serta salah satu pelaku UMKM di Desa Kalibendo, Lumajang.

Dengan adanya fenomena tersebut, diharapkan sosialisasi ini dapat bermanfaat kedepannya dan memperbanyak sertifikasi produk halal di Desa Kalibendo, Lumajang. Selain diberikan wawasan mengenai produk halal dan keuntungannya, peserta juga diberikan petunjuk dalam mengurus sertifikasi halal dan Nomor Induk Berusaha.

Tidak hanya itu, mahasiswa KKN 63 UINSA juga menawarkan jasa pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) dan Sertifikat Halal secara gratis kepada para peserta dan pelaku usaha yang berada di Desa Kalibendo, Lumajang. (Muhammad Abdurrozaq Purnama Zain)