Berita
Gunung Anyar, Surabaya — (03/06/2024) Sebagai salah satu prasyarat untuk mendaftar sidang skripsi, mahasiswa semester VI program studi Psikologi ikuti Pembekalan Sertifikasi Kompetensi Psikologi bersama Lembaga Sertifikasi Profesi Manajemen Sumber Daya Manusia (LSP MSDM) Nusantara.

Kegiatan yang dilaksanakan di auditorium lantai 2 gedung Fakultas Psikologi dan Kesehatan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (FPK UINSA) ini turut dihadiri oleh jajaran Dekanat FPK beserta 80 mahasiswa semester VI sebagai peserta pembekalan. Acara dimulai pukul 09.00 WIB dan dibuka oleh Dr. Suryani, S.Ag., S.Psi., M.Si. selaku Wakil Dekan (Wadek) I FPK.

LSP MSDM Nusantara merupakan Lembaga Sertifikasi Profesi di bidang pengelolaan SDM berlisensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yang secara langsung didatangkan guna menyiapkan calon lulusan FPK dalam menghadapi sertifikasi profesi sebelum terjun ke dunia kerja. Pada sesi pertama, Iman N. Bjuasijadji, S.H, M.M selaku direktur LSP MSDM Nusantara sekaligus pemateri pada kesempatan hari ini, menyampaikan adanya empat hal pokok yang perlu dikuasai mahasiswa psikologi sebelum menghadapi asesor dalam proses ujian sertifikasi, yakni:
1. Job analysis
2. BPJS dan jaminan sosial,
3. Pengupahan, dan
4. Kebijakan SDM

Selanjutnya, sesi kedua yang dimulai kembali setelah jeda makan siang, Pembekalan Sertifikasi Psikologi dilanjutkan dengan pemaparan kelengkapan berkas dan portofolio. Sebelum bertemu dengan para asesor sertifikasi profesi, para mahasiswa diminta untuk lebih dulu memeriksa semua kelengkapan berkas dan portofolio untuk menunjang sertifikasi nantinya. Bersama Bapak Junialdi selaku tim LSP MSDM Nusantara, beliau memaparkan detail alur Sertifikasi Kompetensi Profesi yang akan dihadapi mahasiswa. Kelengkapan berkas serta kesiapan peserta dalam menjawab pertanyaan dari asesor, merupakan dua hal krusial yang harus diperhatikan.

Acara berakhir pada pukul 15.30 WIB dan ditutup dengan penyampaian pesan oleh Dr. Iffah Rosyiana, M.Psi, Psikolog selaku tim LSP MSDM Nusantara. Beliau sekali lagi mengingatkan kepada seluruh peserta pembekalan untuk lebih serius mempersiapkan sertifikasi profesi demi menaikkan kredibilitas dan peluang untuk bisa dilirik oleh perusahaan bergengsi.

Sebagaimana tujuan dari kegiatan pembekalan ini, harapannya Mahasiswa Psikologi FPK UINSA dapat menjadi Sumber Daya Manusia yang berkualitas dan unggul dalam persaingan dunia kerja. Pembekalan ini juga diharapkan mampu menjadi pijakan awal bagi mahasiswa FPK untuk meraih kesuksesan bekerja di perusahaan yang diinginkan.

Writer: Septi Nur Azizah
Editor: M. Ata Zaidan Taufiqi