Berita

Sidoarjo, Sekolah MTsN 2 Sidoarjo melalukan kegiatan menggunakan media Art Therapy yang dipandu oleh Mahasiswa MBKM BKI UINSA. Kegiatan ini berfokus pada kegiatan yang mendorong siswa untuk mengeksplorasi dan memahami perasaan mereka melalui seni, khususnya menggambarkan hal-hal yang membuat mereka merasa senang dan tidak senang. Pendekatan ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan aman di mana siswa bisa mengungkapkan emosi mereka secara bebas dan jujur. Art Therapy menjadi media yang efektif untuk menyampaikan apa yang sulit diutarakan dengan kata-kata, sehingga siswa bisa menemukan keseimbangan emosional.

Kegiatan dimulai dengan sesi pengenalan di mana siswa diajak untuk memahami peran seni sebagai alat untuk mengekspresikan perasaan. Setiap siswa membawa bahan seni seperti kertas, pensil warna atau crayon untuk mulai menggambarkan dua hal situasi yang membuat mereka merasa senang dan yang membuat mereka merasa tidak senang. Mereka diberi kebebasan untuk mengekspresikan imajinasi mereka tanpa ada penilaian terhadap hasil karya mereka. Melalui kegiatan ini, siswa belajar mengenali dan menerima perasaan mereka sendiri, baik yang positif maupun negatif. Ketika menggambarkan hal yang mereka sukai atau tidak sukai, siswa diajak untuk merenungkan apa yang memberikan kebahagiaan dalam hidup mereka dan apa yang menjadi sumber tantangan. “Dalam kegiatan ini, seni mengajarkan tidak hanya menghasilkan karya yang indah, tetapi juga mengajarkan menyembuhkan serta memahami diri sendiri” ucap salah satu siswa.

Dengan menerapkan kegiatan Art Therapy, MTsN 2 Sidoarjo menunjukkan komitmennya dalam menciptakan lingkungan belajar yang tidak hanya berfokus pada prestasi akademik, tetapi juga pada pembentukan karakter dan kesejahteraan mental siswa.

Penulis: Annisa’ Amalia