Berita

UINSA Newsroom, Ahad (17/09/2023): Menyusul akan dibukanya Fakultas Kedokteran (FK) pada UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya, berbagai persiapan pun dilakukan. Salah satunya pelantikan calon dekan dan wakil dekan FK UINSA Surabaya pada Jumat, 15 September 2023 di Ruang Meeting Rektor Lt.2 Tower Teungku Ismail Yakub Kampus A. Yani Surabaya. Hal ini sebagaimana tercantum dalam Keputusan Rektor Nomor 1106 Tahun 2023.

Adalah dr. Hidayatullah. Sp.N., yang dilantik sebagai Dekan Calon Fakultas Kedokteran; dr. Raz Fides Umi Rahmawati, M.Kes., SpOG, Subsp.Obgynsos (K), Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan; dr. Tuffaillah Muawina Nur, MARS, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama.

Rektor UINSA Surabaya, Prof. Akh. Muzakki, M.Ag., Grad.Dip.SEA., M.Phil., Ph.D., dalam pengarahannya menyampaikan, bahwa Pembukaan Fakultas Kedokteran di UINSA diharapkan menjadi bagian dari upaya instrumentasi doa waafiatan fil jasadi. “Maka, Fakultas Kedokteran di UIN Sunan Ampel Surabaya ini spesial, karena kita ingin menyempurnakan doa yang tiap hari kita baca,” ujar Prof. Muzakki menerjemahkan doa memohon keselamatan dunia dan akhirat yang kerap dibaca dalam berbagai kesempatan tersebut.

Selain itu, Rektor juga menegaskan, bahwa pelantikan dekanat calon FK ini menjadi bagian dari upaya percepatan menuju pembukaan FK pada UINSA Surabaya. “Kita bangun tol dulu baru bangun Fakultas,” imbuh Prof. Muzakki.

Keistimewaan lainnya dari FK pada UINSA Surabaya nantinya, lanjut Rektor, yakni UINSA mengusung distingsi ‘Epidemiologi Pesantren.’ Hal ini bentuk upaya mengkonversi kemuliaan yang sudah diberikan pemerintah dan kyai sepuh atas dibangunnya UINSA Surabaya dari sebagian asetnya adalah hasil wakaf.

“Para kyai sepuh dulu telah berkontribusi luar biasa untuk kita semua. Mari kita bayar lunas dengan penunaian amanah yang diberikan kepada kita untuk menjaga marwah, kemuliaan, karomah para kyai sepuh kepada kita semua,” tegas Prof. Muzakki.

“Saya mengajak kepada Pak Dekan, Para Wakil Dekan, yang baru dilantik, tugasnya satu, harus merontokkan kata ‘calon’ pada Fakultas Kedokteran,” imbuh Prof. Muzakki.

FK UINSA menjadi atensi bersama Gubernur Jatim juga Menteri Agama RI. “Mudah-mudah Allah meridhoi kita semua dan kita tunaikan amanah ini dengan sebaik-baiknya demi menjaga kemuliaan yang sudah dicontohkan, diberikan oleh para kyai sepuh pada awal tahun 60-an,” tukas Prof. Muzakki. (Nur/Humas)

Penulis/Redaktur: Nur Hayati
Foto: MN. Cahaya