Berita

Ketua umum Yayasan Nurul Islam (YANURI) Manyar, Ali Muchsin, S.H.,CPC, CPArb, CPli. melakukan audiensi dengan pimpinan manajemen FTK UINSA pada tanggal 13 Februari 2024, pukul 10.00 WIB. Disampingi oleh Bendahara Umum, Khumaidi , S.Ag, kehadiran mereka dalam rangka permohonan konsultan pengembangan manajemen lembaga pendidikan unggul.

Dekan, Prof. Dr. Muhammad Thohir, S.Ag.M.Pd., didampingi Wakil Dekan II, Prof. Dr. Jauharoti Alfin, M.Si., dan Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa, Moh. Faizin S.Ag., M.Pd.I, menyambut hangat di ruang dekanat FTK UINSA.

Dalam audiensi, Ali Muchsin menyampaikan sekilas kondisi manajemen tiga lembaga pendidikannya, terdiri dari MI, MTs, dan SMK. Dalam setahun setengah kepemimpinannya, beliau telah melakukan evaluasi internal dan sampai pada kesimpulan, untuk terus meningkatkan keunggulan dan daya saing ke depan, diperlukan kemitraan eksternal dan pendampingan konsultan. Dari berbagai masukan internal, juga eksternal dari Prof. Prof. Dr. H. Abd. Chalik, M.Ag., akhirnya pilihan jatuh pada FTK UINSA Surabaya.

“Kami berharap dapat dibantu oleh FTK UINSA untuk mewujudkan rencana ini,” kata Ali Muchsin yang berlatarbelakang sebagai lawyer itu bersemangat.

Muhammad Thohir menanggapi dengan kesiapannya dengan menguraikan beberapa porduct knowledge yang dimiliki FTK UINSA. Di delapan Program Studi, terdapat pusat kajian dan pusat pengabdian kepada masyarakat. Masing-masing memiliki layanan sesuai latar penciri keilmuan yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat secara terbuka.

“Dari Prodi Manajamene Pendidikan Islam, misalnya. Kami ada Pusat Kajian Pengembangan Madrasah/Sekolah. Alhamdulillah, tahun kemarin, dipercaya Kemenag Pusat untuk merumuskan materi Peningkatan Kapasitas Kepala Sekolah. Lalu, tim diminta melakukan pendampingan di beberapa propinsi,” jelas Muhammad Thohir.

Audiensi siang itu berlangsung kondusif dan melahirkan kesepakatan bahwa FTK dan YANURIS akan melakukan kerjasama dalam rangka pengembangan madrasah/sekolah unggul. Hal-hal yang berhubungan dengan teknis akan segera ditindaklanjuti.