Berita

Kunjungan Sekolah MA Sains Raudhotul Qur’an Lamongan ke Prodi PBI FTK Menjadi Sarana Berbagi Ilmu dan Expose Keunggulan Prodi dan Fakultas

Mengakhiri bulan Januari, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya menerima kunjungan dari Madrasah Aliyah Sains Raudhotul Qur’an Lamongan pada Selasa 31 Januari 2023.

Tiba di UIN Sunan Ampel Surabaya pada pukul 09.00 WIB, sejumlah 64 orang siswa dan 5 orang guru pendamping dari Madrasah Aliyah Sains Raudhotul Qur’an Lamongan hadir di Aula Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Diawali dengan penyampaian maksud kedatangan oleh perwakilan sekolah, Ibu Sekar Arum P., S.Pd dan dilanjutkan dengan sambutan langsung dari Prof. Dr. H. Muhammad Thohir, M.Pd. selaku Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

Tidak cukup pada perkenalan, pada acara kunjungan ini siswa-siswi MA Sains Lamongan diberikan pemaparan terkait Prodi Pendidikan Bahasa Inggris sebagai salah satu Prodi yang ada di Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Ampel Surabaya oleh Ketua Prodi, Ibu Rakhmawati, M.Pd. Selain itu, siswa-siswi ynag berkunjung juga dikenalkan dengan kehidupan kampus dan kegiatan mahasiswa yang ada di Prodi PBI oleh para punggawa Himaprodi. Selain itu, merujuk pada harapan sekolah untuk mendapatkan ilmu tentang Students’ Speaking Skill, Prodi PBI, bekerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Prodi PBI, menghadirkan dua pembicara yang memiliki pengalaman belajar ke luar negeri selama berkuliah di PBI, Fatma Oryza dan Zulfikri Malik. Saat ini, keduanya merupakan mahasiswa tingkat akhir dan pada kesempatan ini berbagi ilmu kepada siswa-siswi Madrasah Aliyah Sains Raudhotul Qur’an Lamongan. Fatma Oryza berbagi ilmu tentang “Why English is Important?” sedangkan Zulfikri Malik memaparkan bagaimana tips terkait “How to Improve Speaking Skill”. Keduanya juga berbagi pengalaman belajar di luar negeri kepada siswa-siswi Madrasah Aliyah Sains Raudhotul Qur’an. Sesi berbagi ilmu ini juga secara tidak langsung menjadi menunjukkan keunggulan mahasiswa yang berkuliah di prodi PBI FTK.

Setelah mendapatkan ilmu, para siswa-siswi melakukan Speaking Practice dalam 8 kelompok kecil yang dimentori oleh anggota Himaprodi PBI. Menariknya, siswa-siswi sangat antusias pada sesi praktis ini yang kemudian karena keterbatasan waktu harus terhenti untuk kemudian dilanjutkan dengan melakukan tur mengunjungi beberpa lokasi fasilitas yang ada di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya. Laboratorium Microteaching, Laboratorium Bahasa, dan Laboratorium-laboratorium lainnya yang ada di Laboratorium Integrasi UINSA menjadi titik-titik yang dikunjungi oleh siswa-siswi siswa-siswi Madrasah Aliyah Sains Raudhotul Qur’an. Tur berakhir di Perpustakaan Pusat UIN Sunan Ampel Surabaya dimana para siswa didampingi oleh Himaprodi dan guru pendamping berkeliling melihat fasilitas-fasilitas yang ada di Perpustakaan.

Kedatangan Madrasah Aliyah Sains Raudhotul Qur’an ini bukanlah yang pertama dan kunjungan ini bukan hanya merupakan bagian dari pengenalan university milieu pada siswa-siswi tingkat menengah atas, tetapi juga merupakan bagian dari sarana untuk mengekspose keunggulan Prodi PBI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, mengingat Madrasah Aliyah Sains Raudhotul Qur’an adalah juga salah satu pengguna lulusan Prodi PBI FTK. Relasi yang baik tentunya tidak menutup kemungkinan untuk terciptanya kolaborasi antara Prodi PBI maupun Fakultas Tarbiyah dan Keguruan dengan Madrasah Aliyah Sains Raudhotul Qur’an.