Berita

Komunitas Literat Muda merupakan sebuah komunitas yang bergerak dalam pengembangan literasi dan kreatifitas di lingkungan Fakultas Ushuluddin dan Filsafat, yang berjalan sejak tahun 2021 dan resmi berdiri pada bulan Januari tahun 2022. Komunitas ini berperan penting sebagai wadah dalam menemani mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Filsafat dalam belajar dan berproses untuk pengembangan diri melalui literasi. 

Di era digital yang penuh dengan arus informasi, kemampuan literasi menjadi kunci bagi mahasiswa untuk menyaring, memahami, dan menyampaikan ide-ide dengan efektif. Kemampuan literasi bukan hanya keterampilan membaca dan menulis, tetapi juga mencakup pemahaman kritis terkait berbagai tulisan, baik itu jurnal ilmiah, sastra, dan media digital yang kemudian terintegrasi dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Dosen Fakultas Ushuluddin dan Filsafat, Wildah Nurul Islami, M.Th.I selaku penggagas dan pendiri Komunitas Literat Muda dalam pelatihan kepenulisan pertama 2022 menyampaikan betapa pentingnya budaya literasi bagi mahasiswa, baik membaca, menulis, menyimak, memanfaatkan teknologi, berpikir kritis dengan mengkaji dan menganalisis sehingga bisa memecahkan berbagai problematika sosial yang terjadi. Maka, adanya Komunitas Literat Muda diharapkan menjadi jembatan efektif untuk melestarikan budaya literasi bagi mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Filsafat. 

Salah satu fokus utama dari Komunitas Literat Muda adalah untuk meningkatkan kemampuan literasi di kalangan mahasiswa. Melalui berbagai kegiatan seperti bedah buku, bedah artikel jurnal, mentoring dan lomba kepenulisan, mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk belajar dari dosen maupun mentor yang memiliki pengalaman dan pengetahuan mendalam di bidang literasi. 

Tak hanya itu, Komunitas Literat Muda juga menjadi tempat untuk mengembangkan soft skills, seperti keterampilan komunikasi, berpikir kritis, dan kerja tim. Mahasiswa didorong untuk aktif berpartisipasi dalam diskusi dan mengemukakan ide. 

Dalam komunitas ini, mahasiswa dilatih untuk menumbuhkan ide dan kreativitas mereka. Sebagaimana jargon Komunitas Literat Muda yakni “Genggam duniamu dengan berkarya!” komunitas ini memberikan ruang untuk terus mengasah kreativitas mahasiswa dalam mengekpsresikan ide-ide mereka melalui karya berupa puisi, cerpen, dsb.

Selain itu, komunitas ini juga berguna untuk membangun relasi dan membentuk kerjasama. Komunitas ini menjadi wadah bagi mahasiswa untuk membuka jejaring dengan mahasiswa lainnya serta dosen. Di mana komunitas ini terbuka untuk seluruh mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Filsafat.

Diskusi rutin Komunitas Literat Muda. (Sumber: Dokumentasi Pribadi)

Komunitas Literat Muda memiliki jadwal kegiatan rutin yang diadakan dalam kurun waktu tertentu, yaitu sebagai berikut:

Mentoring: Sebuah program pendampingan untuk mengembangkan skill anggota komunitas. Meliputi skill public speaking, penulisan artikel ilmiah, makalah ilmiah Al-Qur’an, artikel jurnal, jurnalistik, dan artikel ilmiah popular yang dilakukan setiap minggu sekali.

Insight: program diskusi bersama antara anggota komunitas yang membahas isu-isu terkini dan dilaksanakan pada minggu pertama dan ketiga setiap bulan. Dalam kegiatan ini, setiap anggota bebas bertukar pikiran dan saling berdiskusi.

Bedah Buku: kegiatan yang diadakan setiap bulan yang membahas karya berupa buku/artikel/skripsi tertentu bersama narasumber.

Pelatihan Kepenulisan: program pelatihan bersama pakar terkait kepenulisan yang diselenggarakan setiap tiga bulan sekali.

Tanya Jawab: program lanjutan dari insight dengan menghadirkan seorang pakar seperti dosen, mentor, dll. Pada kegiatan ini, anggota komunitas melakukan tanya jawab dengan pakar tersebut terkait kegelisahan yang di dapat setelah bertukar pikiran di kegiatan insight.

Anniversary: merupakan kegiatan tahunan Komunitas Literat Muda yang mengadakan lomba menulis esai, tasyakuran, evaluasi, sekaligus serah terima jabatan pengurus komunitas.

Diskusi Publik: kegiatan tahunan yang berkolaborasi dengan komunitas lain yang sejenis untuk membahas seputar kepenulisan dsb. Acara ini terbuka untuk umum.

Publikasi Tulisan Berkala: KLM memiliki website sebagai media publikasi karya melalui link www.literatmuda.com. Untuk tiap minggunya, tim kontributor KLM berperan meng-update tulisan terbaru secara berkala, selain hasil tulisan penulis umum. Ada beberapa rubrik yang bisa dipilih sesuai minat dan passion penulis, mulai dari esai, opini, resensi buku hingga sastra.

Ragam kegiatan Komunitas Literat Muda. (Sumber: Dokumentasi Pribadi)

Komunitas Literat Muda memberikan dampak positif bagi mahasiswa dan dosen Fakultas Ushuluddin dan Filsafat. Mahasiswa terlatih menjadi lebih antusias dalam membaca, menulis, dan melatih daya pikir kritis. Komunitas ini telah melahirkan banyak karya-karya kreatif dari mahasiswa yang perlu diapresiasi. Adanya komunitas ini menjadi ruang kolaboratif antar mahasiswa dengan dosen dalam menciptakan lingkungan akademis yang lebih baik. 

Komunitas Literat Muda menjadi bukti konkret adanya sebuah inisiatif yang menjadi tangga untuk mengembangkan kemampuan literasi dan kreativitas mahasiswa FUF. Dengan semakin banyaknya mahasiswa yang terlibat, diharapkan komunitas ini semakin berkembang dalam mewadahi mahasiswa untuk menyalurkan minat, bakat, ide, dan kreativitas mereka dalam bidang literasi. 

Seiring berjalannya waktu, dengan berbagai lika-liku proses perjalanannya, komunitas ini berevolusi dan semakin berkembang di lingkungan Fakultas Ushuluddin dan Filsafat. Sesuai dengan namanya, “Komunitas Literat Muda” diharapkan komunitas ini akan melahirkan generasi-generasi muda berintelektual dan memiliki semangat litarasi yang tinggi serta menjadi generasi yang bermanfaat untuk ke depannya.

Penulis: Dwi Ayu Zafira Amatilla
Editor: Khalimatu Nisa