Berita

Masa orientasi mahasiswa baru UINSA atau dikenal dengan istilah Pengenalan Budaya Akademik Mahasiswa (PBAK) dimulai dan resmi digelar pada Selasa, 13 Agustus 2024. Di hari pertama PBAK, para mahasiswa baru menghabiskan berbagai rangkaian acara mulai dari pagi hari hingga menjelang maghrib di aula Sport Center UINSA. Gema suara dan teriakan yel-yel dari berbagai fakultas menambah kesan semangat yang menggelora dari para mahasiswa baru UINSA 2024. 

Selain itu, Rektor UINSA hadir dan menyampaikan sambutan, “Menjadi mahasiswa adalah pintu masuk untuk menjemput sukses di masa depan. Kesuksesan tidak datang mendekati diri kita sendiri. Sukses harus dijemput. Oleh kerena itu, nyalakan sinar untuk menyalakan masa depan. Jemput masa depan dengan cinta dan bahagia,” ujarnya sambil mengintruksikan para mahasiswa baru menyalakan flash di handphone masing-masing.

Di akhir sambutannya, Rektor UINSA berpesan, “Hadirkan Tuhan dalam setiap langkah kita, hadirkan Allah Swt dalam langkah kita. Karena sukses tidak pernah dapat kita gapai tanpa ridho ilahi.” Sambutan dan petuah tersebut menguatkan rasa kekeluargaan sebagai keluarga besar UIN Sunan Ampel Surabaya, dan yang pasti sebagai bahan pembakar semangat bagi mahasiswa baru UINSA 2024.

Setelah pengukuhan mahasiswa baru yang dipimpin oleh Rektor UINSA, turut hadir pula seorang narasumber yakni Dr. Muhammad Nuruzzaman S.Ag M.Si, selaku Staff Khusus Kemenag RI. Beliau membekali ilmu dan membagikan pengalaman secara khusus kepada para mahasiswa baru seputar moderasi beragama.

Dalam acara PBAK tersebut para mahasiswa juga dikenalkan dengan beberapa UKM dan UKK UINSA sebagai wadah bagi para mahasiswa dalam mengembangkan potensi, minat dan bakatnya seperti di antaranya Resimen Mahasiswa (MENWA), Pramuka, Unit Pengembangan Tahfidzul Qur’an (UPTQ), Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Solidaritas, Ikatan Qori’ Qori’ah Mahasiswa (IQMA), Mahasiswa Pecinta Alam Sunan Ampel (MAPALSA), Paduan Suara Mahasiswa (PSM), Pencak Silat, Unit Kegiatan Olahraga (UKOR), Unit Kegiatan Pengembangan Intelektual (UKPI), Unit Kegiatan Mahasiswa Seni Budaya (UKMSB), dan Ikatan Kader Penyuluhan Anti Narkoba (IKPAN).   

Kesuksesan dan kemeriahan di hari pertama PBAK dapat diamati dari bagaimana proses acara tersebut berlangsung. Berbagai rangkaian acara dapat terlaksana dengan baik dan tepat waktu. Hal ini disampaikan oleh salah satu panitia yang terjun secara langsung untuk mensukseskan acara tersebut.

Keseruan PBAK Hari I Fakultas Ushuluddin dan Filsafat. (Dokumentasi: Media Center FUF)

“Alhamdulillah, acaranya dapat berjalan tepat waktu tidak seperti PBAK di tahun kemarin. Selain itu, Rektor juga turut mendukung kesuksesan acara dengan sangat baik. Semoga fasilitas untuk para mahasiswa baru juga lebih diperhatikan kembali ke depannya,” ucap Faiza selaku panitia PBAK FUF 2024.

Para mahasiswa baru, khususnya mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Filsafat Prodi Ilmu Hadis juga menuturkan kesannya di hari pertama PBAK. “Kegiatan PBAK di hari pertama sangat berkesan bagi saya, karena memberikan banyak keuntungan seperti relasi yang luas, budaya yang berbeda-beda, dan UKM kampus yang luar biasa memotivasi mahasiswa baru untuk terjun ke dalamnya”.

“Selain itu, semangat para panitia juga tidak tidak main-main untuk memperjuangkan fakultas masing-masing. Euforia kemenangan memenuhi gedung Sport Center. Top buat UINSA. Semoga kegiatan ini tidak hanya diniatkan untuk saling memusuhi karena di manapun pasti terjadi adanya perbedaan, tetapi berkolaborasi untuk mencapai tujuan bersama,” pungkas Safana, mahasiswi baru FUF tersebut.

Penulis: Siti Maftukha
Editor: Khalimatu Nisa