Berita

Gunung Anyar, Surabaya – Kamis (24/11/2022) Fakultas Psikologi dan Kesehatan UIN Sunan Ampel Surabaya telah mengadakan Yudisium ke-101 Program Sarjana Tahun Akademik 2022/2023. Acara ini dilaksanakan di Auditorium Lantai 2 FPK UINSA yang diikuti oleh 114 peserta yudisium. 

Prosesi Yudisium ke-101 diawali dengan pemotongan pita secara simbolis dalam rangkaian acara Job Fair oleh Prof. Dr. Abdul Muhid, M.Si selaku Dekan Fakultas Psikologi dan Kesehatan UINSA. Kemudian para calon wisudawan dan wisudawati memasuki auditorium untuk melaksanakan serangkaian prosesi yudisium. 

Acara Yudisium dimulai pukul 09.00 WIB dan disaat yang bersamaan Prof. Dr. Abdul Muhid, M.Si selaku Dekan FPK UINSA; Dr. Suryani, S.Ag, S.Psi, M.Si selaku Wakil Dekan I FPK UINSA; Dr. S. Khorriyatul Khotimah, M.Psi, Psikolog selaku Wakil Dekan II FPK UINSA; Prof. Dr. H. A. Rubaidi, M.Ag selaku Wakil Dekan III FPK UINSA beserta Kajur, Sekjur, Kaprodi, dan Sekprodi memasuki ruangan. Iringan lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan Hymne UINSA mengalun indah sebagai pembuka Yudisium yang khidmat. 

Acara dilanjutkan dengan pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an oleh calon wisudawan Ronald Zainul Amirullah. Selanjutnya, Prof. Dr. Abdul Muhid, M.Si selaku Dekan Fakultas Psikologi dan Kesehatan UINSA membuka Yudisium ke-101 Tahun Akademik 2022/2023. Dilanjutkan dengan pembacaan SK Yudisium ke-101, SK Yudisum Terbaik, dan SK Yudisium Terbaik Non-Akademik oleh Dr. Suryani, S.Ag, S.Psi, M.Si selaku Wakil Dekan I FPK UINSA. 

Pengukuhan Yudisium dipimpin oleh Dekan Fakultas Psikologi dan Kesehatan UINSA dan dilanjutkan dengan prosesi pemberian ijazah kepada 114 calon wisudawan dan wisudawati. Di sela-sela acara tersebut, Dekan FPK UINSA menyumbangkan suara emasnya dengan lagu yang berjudul “Pesawat Kertas 365 Hari”. 

Kemudian acara dilanjutkan dengan pemberian penghargaan yudisium terbaik Fakultas Psikologi dan Kesehatan UINSA. Maulana Galileo Budi Cendikia, S.Psi sebagai Peringkat I. Norafika Virly, S.Psi sebagai Peringkat II. Wafa Yolanda, S.Psi sebagai Peringkat III. Penghargaan yudisium terbaik non-akademik Fakultas Psikologi dan Kesehatan UINSA yaitu Nur Fawaidatuz Zuhdah, S.Psi sebagai Juara 1 Musabaqoh Syahril Qur’an National Islamic Competition dan Fitri Rizaniatul Aulia, S.Psi sebagai Juara 1 Nasional Tunggal Putri Kejuaraan Bulutangkis PTKIN. Orang tua juga diundang untuk mendampingi ketika penyempatan selempang penghargaan. 

Kesan pesan yudisium terbaik Fakultas Psikologi dan Kesehatan UINSA disampaikan oleh Maulana Galileo Budi Cendikia, S.Psi. 

“FPK pertama kali menyelenggarakan Yudisium dan Job Fair yang bekerja sama dengan perusahaan dan alumni sebagai mitra sebagai wadah untuk menyalurkan mahasiswa ke dunia kerja dengan jaringan yang lebih luas. Kita harus optimis karena optimis adalah simbol komitmen dan kebahagiaan”, kata Galileo. 

Rangkaian yudisium selanjutnya yaitu sambutan dari Prof. Dr. Abdul Muhid, M.Si selaku Dekan Fakultas Psikologi dan Kesehatan UINSA. 

“Kita harus bangga karena ini adalah yudisium terbanyak sepanjang berdirinya Fakultas Psikologi dan Kesehatan. Sekarang Anda semua adalah sarjana psikologi yang sah dan semoga dengan kelulusan Anda menjadi manfaat yang berguna bagi diri Anda, keluarga, masyarakat, dan Bangsa Indonesia”, tutur Prof. Dr. Abdul Muhid, M.Si. 

Selepas sambutan dari Dekan FPK UINSA. Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan wisudawan ke ketua alumni yang diwakili oleh Ibu Siti Kamilatus Saidah, S.Psi, M.Psi, Psikolog sebagai IKA UINSA. Kemudian acara ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Sutopo, S.H dan Prof. Dr. H. A. Rubaidi, M.Ag. Iringan lagu Bagimu Negeri menutup seluruh rangkaian acara Yudisium ke-101 Tahun Akademik 2022/2023 dengan khidmat. 

Yudisum ke-101 Fakultas Psikologi dan Kesehatan UIN Sunan Ampel Surabaya berlangsung dengan lancar dan khidmat. Semoga seluruh ilmu dan pengalaman yang telah diukir selama perkuliahan dapat mengantarkan seluruh lulusan sarjana psikologi kelak bermanfaat luas di masyarakat dan menginspirasi bagi generasi-generasi muda penerus bangsa. (ODR)