Berita

UINSA Newsroom, Jumat (03/11/2023); Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya menerima kunjungan dalam rangka benchmarking dari Tim Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya pada Jumat, 03 November 2023. Kegiatan ini berlangsung di Ruang Rapat Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja sama Lt. 3 Tower Teungku Ismail Yakub Kampus A. Yani UINSA Surabaya.

Kunjungan ini diterima langsung Prof. Dr. Abdul Muhid, M.Si., Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UINSA didampingi Dr. Mamat Salamet Burhanudin, M.Ag selaku Kepala Biro Administrasi Akademik Kemahasiswaan dan Kerja Sama (AAKK), H. Ahmad Firdausi, S.IP., M.Fil.I., selaku Kepala Bagian Akademik UINSA, dan Moch. Kholil selaku Subkor Layanan Akademik UINSA.

Kegiatan ini diharapkan mampu memberikan manfaat lebih bagi UINSA maupun IAIN Palangka Raya khususnya dalam upaya memberikan pelayanan terbaik terhadap mahasiswa. Mengingat, bahwa Core Business perguruan tinggi utamanya adalaj layanan akademik.

Wakil Rektor menegaskan, bahwa telah menjadi tugas seorang abdi negara untuk terus mengembangkan potensi dan berkhidmah untuk mencerdaskan bangsa. Salah satu hal yang menjadi pembahasan pada diskusi kali ini, adalah mengenai kegiatan akademik yakni penerimaan mahasiswa baru.

Dijelaskan Wakil Rektor, bahwa sebelum membuka sebuah pendaftaran UINSA melangsungkan kegiatan Beauty Contest terhadap para mitra kerja sama. Hal ini menjadi suatu keuntungan tersendiri bagi UINSA karena tidak hanya memberikan fasilitas kepada para pegawai UINSA namun mahasiswa juga mendapatkan keuntungan melalui beasiswa. “Beasiswa yang telah dirasakan oleh mahasiswa terdiri dari beasiswa Baznas, Bank Muamalat, Bank Syariah Indonesia, Bank Indonesia,” terang Prof. Muhid.

Tidak hanya bekerja sama dengan mitra perbankan, UINSA juga bekerja sama dengan Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan (MAN-PK). Kerja sama ini dilakukan untuk memberikan kesempatan bagi alumni MAN-PK meraih Pendidikan Tinggi di UINSA khususnya di jurusan keagamaan melalui prestasi-prestasi yang telah diraih sebelumnya.

Dalam kesempatan ini, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya mengutus Dr. Ahmadi, M.Si., selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja sama IAIN Palangka Raya, didampingi Hartani, M.Si., Kepala Bagian Umum dan Layanan Akademik Biro Administrasi Umum, Akademik, dan Kemahasiswaan (AUAK); Aldi Pratama Putra, S.Kom., selaku Pranata Komputer Ahli Pertama Pada Subbagian Layanan Akademik Biro AUAK; serta Supriyadi, S.Pd., selaku Pengadministrasi Umum pada Subbagian Layanan Akademik Biro AUAK.

Selain dalam rangka peningkatan mutu layanan akademik, kegiatan ini juga membahas mengenai strategi yang digunakan UINSA dalam membangun struktural kepegawaian agar kinerja yang dihasilkan bisa maksimal. Hal ini juga dikaitkan dengan adanya pelayanan bagi mahasiswa untuk dapat mengembangkan kemampuan mahasiswa dengan mengikuti UKK-UKM yang ada. Bahkan, untuk mahasiswa yang tengah mempersiapkan wisuda diberikan fasilitas kegiatan Job Fair yang dikelola langsung Pusat karir dibawah naungan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Reportase: Syifa’ Yahyania Awim Tasya
Redaktur: Nur Hayati
Foto: Tim Magang