Berita

Psikologi dan Kesehatan

Wednesday, 13 July 2022

Coffee Morning Bersama Rektor UINSA: Inilah Visi dan Misi UINSA 2022-2026

Surabaya – Fakultas Psikologi dan Kesehatan gelar Coffee Morning Perdana pada tanggal 13 Juni 2022. Kegiatan ini diadakan sebagai ajang silaturahmi sekaligus menyatukan persepsi para civitas akademik untuk mensukseskan visi dan misi yang diusung oleh Prof. Akh. Muzakki, M.Ag, Grad.Dip. SEA, M.Phill, P.hd, Rektor UINSA periode 2022-2026. Prof Zaki, panggilan akrab rektor, melalui misinya berupaya mewujudkan UINSA Bangkit di periodenya dalam poin UINSA yang unggul berdaya saing dan relevan dengan kebutuhan masyarakat dalam ilmu keislaman multidisipliner serta pemberdayaan masyarakat religius berbasis riset

Kegiatan ini dilaksanakan di lantai 2 ruang Auditorium gedung FPK dan dimulai pada pukul 08.00 sampai 10.00 WIB dengan dihadiri oleh jajaran dekanat beserta para dosen FPK. Dalam pernyataannya, rektor ingin tema Sociopreneur University yang mengintegrasikan antara keislaman, sosial, dan entrepreneur diterapkan di UIN Sunan Ampel Surabaya. Prof Zaki menyampaikan berbagai potensi seperti SDM maupun fasilitas yang dimiliki oleh UINSA yang dapat dioptimalkan penggunananya untuk mewujudkan visinya. 

Prof Zaki menyatakan, Ekosistem islamic sociopreneur university memiliki lima poin utama yaitu writers university, pro-poor university, home for Indonesiaan islam, enterpreneur university, dan engaged university, yang masing-masing poin memiliki berbagai program untuk mewujudkan visinya. “Hal ini perlu dipertimbangkan karena saat ini adalah era industri akademik.” Ujar Prof Zaki. Dalam konteks tersebut, Rektor juga memperjelas kembali mengenai posisi strategis melalui berbagai kerja sama dengan pihak ketiga untuk mencapai visi besar “Menjadikan UINSA Surabaya sebagai perguruan tinggi keagamaan islam negeri pertama yang masuk 10 besar universitas islam terbaik di Asia.”

Salah satu perencanaan yang ditonjolkan dalam mencapai visi dan misi tersebut ialah mempertimbangkan kontribusi civitas akademika dalam penerbitan jurnal dan artikel bereputasi. Prof Zaki menyatakan bahwa ini nantinya bukan hanya melibatkan citra baik UINSA, tetapi juga dapat dilihat loyalti yang dicapai dari karya yang diterbitkan oleh penulis. Salah satu program unggulannya yaitu Satu Semester Satu Artikel.

Rektor menyampaikan harapan agar FPK bisa bersatu dan memanfaatkan kekayaan yang besar dengan bijak dan tepat dengan potensinya di sektor kesehatan. Kelengkapan infrastruktur di FPK sudah selayaknya didukung oleh suprastruktur yang baik pula. Beliau menyadari dan mendukung kekayaan potensial yang patut digali dari Fakultas ini.

Pada akhir pemaparannya, Prof Akh. Zaki menjelaskan dasar dalam mewujudkan visi dan misinya yaitu terinspirasi dari lagu lir ilir “Dondomana Jlumatans”, yang berarti memperbaiki dan membenahi. Kegiatan ini diakhiri dengan sesi foto dan ramah tamah antara civitas akademika FPK bersama Rektor UINSA.

(N/F: Fitro.Garis/Dok.Fakultas Psikologi dan Kesehatan)