Berita

 Asesmen Lapangan (AL) Prodi Hukum Tata Negara (HTN) telah digelar pada hari Selasa, 5 Maret 2024 bertempat di Gedung Twintower A lantai 8. Kegiatan ini merupakan serangkaian dari proses akreditasi prodi Hukum Tata Negara Fakultas Syariah dan Hukum. Maksud adanya kegiatan ini adalah mengkonfirmasi data-data keperluan akreditasi yang telah di input dalam laman BAN-PT. Persiapan demi mematangkan acara telah dilakukan penuh khidmat oleh tim UUPS (Unit Pengelola Program Studi).

Adapun pihak yang turut hadir dalam acara ialah terdiri dari civitas akademik, mahasiswa, alumni dan mitra kerja lainnya. Kegiatan ini dilakukan oleh tim asesor BAN-PT. Tim tersebut yakni Dr. Nurul Irfan, M.AG. dari UIN Syrif Hidayatullah Jakarta dan Prof. Dr. H. Barsihannor, M.AG. dari UIN Alauddin Makassar. Kedatangan tim asesor adalah sebagai penanda dimulainnya acara, mulai pukul 08.00 hingga pukul 16.00 kegiatan ini berlangsung. 

Turut hadir bersama dengan para asesor yakni Wakil Rektor 1 Bidang Akademik dan Kelembagaan Prof. Dr. H. Ali Mudlofir, M. Ag. Tak ketinggalan juga, Wakil Rektor 2 Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Prof. Dr. Abdul Muhid, M.Si. selain itu, Ketua Senat UINSA Prof. Dr. Moh. Ali Aziz, M.Ag. dan Dekan FSH UINSA, Dr. Hj, Suqiyah Musafa’ah. M.Ag. juga turut serta.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi sambutan. Dalam sambutannya, Dr. Nurul Irfan, M.AG selaku Asesor menyampaikan bahwa pertemuan ini merupakan sesi cross check. Beliau mendoakan semoga asesmen kali ini mendapatkan keberkahan Allah Swt. Tak lupa beliau meminta agar diberitahu hal-hal yang masih perlu dikonfirmasi laporan evaluasi diri yang telah disusun. Prof. Dr. H. Barsihannor, M.Ag. Beliau juga menambahkan “Asesmen lapangan itu sebenarnya lebih mudah ketimbang asesmen kecukupan/ kelayakan. 

“Hari ini kita tinggal memvalidasi apa yang sudah kami baca, mungkin ada tambahan-tambahan bisa disampaikan untuk memperkuat materi borang itu,” ungkap Asesor dua. Asesmen lapangan merupakan salah satu instrumen penting dalam mengevaluasi dan meningkatkan kualitas pendidikan dalam prodi Hukum Tata Negara. Hal ini tentu membantu memastikan bahwa mahasiswa prodi Hukum Tata Negara mendapat pengalaman belajar yang bermutu. Dengan usainya acara ini mudah-mudahan prodi Hukum Tata Negara mendapatkan hasil yang terbaik.

 

Reportase: Delia

Redaktur: Suci Wulandari

Desain Foto: Najib