Berita

Rabu, 3 Mei 2023, adalah hari kedua diselenggarakannya acara AICIS 2023 di UIN Sunan Ampel Surabaya Kampus Ahmad Yani. Latar belakang acara ini adalah untuk mengimplementasikan prinsip Rahmatan Lil Alamin dalam semua aspek kehidupan. Di era saat ini, umat islam menghadapi tantangan baru dan kompleks. Hal tersebut perlu adanya pendekatan dengan cara yang tepat dan dapat diterima. AICIS 2023 hadir untuk merespon hal tersebut.

Ibu Dekan Presentasi Materi AICIS 2023

Gambar 1. Ibu Dekan Presentasi Materi AICIS 2023

Ibu Dr. Suqiyah Musyafa’ah, M.Ag., selaku Dekan Fakultas Syari’ah dan Hukum menjadi salah satu panelis dalam kegiatan tersebut. Beliau membahas mengenai “Hazairin’s Interpretation of Inheritance Verses In The Qur’an and Its Influence on The Compilation of Islamic Law.” Suasana ruang 702 K.H Mahrus Aly Lantai 7 terlihat begitu hangat.

Pemikiran Hazairin terkait dengan adanya kedudukan hukum islam itu harus terus berpedoman pada konsep dan sudut pandang agama. Hazairin merupakan salah satu tokoh yang paling berpengaruh di Indonesia dalam mewariskan islam di Indonesia. Beliau mengatakan bahwa Indonesia harus terus memegang prinsip-prinsip islam dan ajaran fiqh. Banyak karya dari Hazairin yang banyak membahas mengenai sudut pandang hukum dalam pandangan hukum islam.

Hazairin banyak memberikan kontribusi terhadap perkembangan hukum islam yang ada di Indonesia. Sebab pandangan dan pemikiran beliau kemudian lahirlah Ketetapan Kompilasi Hukum Islam terutama dalam bab waris. Beliau menilai jika Al-Qur’an tidak akan mendiskriminasi siapapun sehingga beliau berupaya untuk terus menyuarakan hukum islam Forum diskusi mengenai pemikiran Hazairin ini semakin meriah. Hal tersebut terlihat dari antusiasme para peserta yang hadir di dalam forum. Banyak dari kalangan akademisi maupun mahasiswa sangat menikmati forum diskusi ini. Setelah pemaparan materi, tak ketinggalan juga sesi tanya jawab. Para peserta forum diskusi aktif dan bersemangat untuk bertanya kepada panelis.