Berita

FDK UINSA Newwsroom, Kamis (12/01/2023); Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA), Dr. Moch. Choirul Arif, M.Fil.I, melakukan penjajakan kerjasama dengan Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Ditjen PHU) pada Rabu (11/01). Pada kesempatan tersebut, Dr. Moch. Choirul Arif, M.Fil.I bersama Kasubdit Bimbingan Jemaah Haji Kemenag RI Dr. H. Khalilurrahman, MA. melakukan pembahasan draft Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) antara UINSA dengan Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Ditjen PHU) Kementerian Agama.

Dr. Moch. Choirul Arif, M.Fil.I menjelaskan bahwa pada kesempatan tersebut, perwakilan Ditjen PHU siap untuk datang ke UINSA Surabaya menandatangani MoU sekaligus membuka pelatihan digitalisasi penyelenggaraan haji dan umrah yang diadakan FDK UINSA.

“Ditjen PHU juga meminta FDK UINSA tidak hanya melakukan sertifikasi pembimbing ibadah haji dan umrah saja, tetapi harus melakukan kegiatan lain yang menunjang,” jelas Dekan FDK UINSA.

Kegiatan lain tersebut, lanjut Dekan FDK UINSA, dapat berupa melakukan kegiatan bernuansa kajian terhadap pelaksanaan haji. Pada kesempatan tersebut, Kasubdit Bimbingan Jemaah Haji Kemenag RI Dr. H. Khalilurrahman, MA. Juga tertarik dengan konsep digitalisasi pembimbingan haji dan umrah yang ditawarkan dan meminta segera mewujudkan.