Berita

WELCOMING PARTY MAHASISWA UPNM MALAYSIA, WAREK UINSA: BANYAK HAL YANG PERLU KITA BAGI

UINSA Newsroom, Ahad (18/02/2024); UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya menjamu tamu dari Universiti Pertahanan Nasional Malaysia (UPNM) pada Sabtu, 17 Februari 2024 di Hall lt. 5 Gedung GreenSA Inn Sidoarjo. Kunjungan 17 delegasi Kampus Negeri Jiran ini dalam rangka pengenalan budaya yang mengusung tema, ‘Regional Youth Leadership,’ yang dikomandani langsung Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UINSA Surabaya. Kegiatan akan berlangsung selama sepekan, Sabtu-Jumat, 17-23 Februari 2024.

Hadir dalam kesempatan welcoming party, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan, Prof. Dr. H. Ali Mudlofir, M.Ag.; Kepala Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerjasama, Dr. H. Mamat Salamet Burhanudin, M.Ag.; Dekan FISIP, Prof. Dr. H. Abd. Chalik, M.Ag.; serta Dekan Fakultas Adab dan Humaniora, Prof. Dr. H. Mohammad Kurjum, M.Ag.

Sementara itu, rombongan UPNM dikepalai langsung oleh Prof. Dr. Sharizan bin Samad, Pengarah Pusat Kaunseling, Kerjaya dan Alumni UPNM. Dekan FISIP dalam laporannya menyampaikan, bahwa penyambutan sederhana yang digelar pada malam hari kedatangan rombongan ini sekaligus menjadi kesempatan untuk berkenalan secara resmi rombongan UPNM dengan para pendamping dari UINSA Surabaya. Khususnya mahasiswa dan tim manajemen FISIP yang akan mendampingi selama sepekan kegiatan di Surabaya.

Dekan FISIP juga menyampaikan, bahwa rangkaian kegiatan rombongan UPNM akan diisi dengan site visit ke beberapa lokasi di Jawa Timur, diantaranya Kampung Quran dan Tengger di Probolinggo. Dilanjutkan dengan focus group discussion antara mahasiswa yang akan dihadiri pula perwakilan kampus-kampus di Surabaya. Seperti Universitas Negeri Surabaya (UNESA), Universitas Pembangunan Nasional (UPN) ‘Veteran’ Jawa Timur, dan Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya.

“Kita akan belajar banyak hal, kita akan mengenal banyak hal. Adik-adik mahasiswa dari UINSA nanti akan berinteraksi, bertemu dengan adik-adik UPNM. baik yang from Indonesia or from some countries,” ujar Prof. Chalik.

“Karena saya ini adalah momen yang sangat penting. Bukan sekedar kompetisi, tapi juga sharing knowledge, budaya, dan lainnya,” imbuh Prof. Chalik.

Sementara itu, Warek Bidang Akademik dan Kelembagaan dalam sambutan mewakil Rektor UINSA menyampaikan ucapan selamat datang kepada segenap rombongan UPNM. Sebagai saudara serumpun, menurut Warek, banyak hal yang perlu dibagi dalam kesempatan ini. Mulai dari budaya, hingga trend kajian dua negara. “Kami juga ada sekitar 80 mahasiswa internasional, yang paling banyak dari Timur Tengah,” ujar Prof. Ali Mudlofir.

Selain sambutan kedatangan, kegiatan welcoming party ini juga dimeriahkan dengan penampilan dari tim UKM Musik dan sholawat FISIP UINSA. Para mahasiswa dan tim manajemen dua kampus pun nampak akrab dengan saling bersapa-sua dan memperkenalkan diri. Kegiatan pun ditutup dan dilanjutkan dengan agenda site visit ke Probolinggo Jawa Timur. Khususnya kawasan Bromo. (Nur/Humas)

Reportase: Nur/Rian

Redaktur: Nur Hayati

Highlight: Rian

Foto: MN. Cahaya