Berita

TENDIK UINSA ANTUSIAS IKUTI SIMULASI CAT PEMETAAN POTENSI KOMPETENSI JABATAN PELAKSANA

UINSA Newsroom, Rabu (10/05/2023); Bagian Organisasi dan Kepegawaian Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya mengadakan acara Pemetaan Potensi Kompetensi bagi Jabatan Pelaksana Tenaga Kependidikan (Tendik) UINSA. Acara Pemetaan Kompetensi Jabatan Pelaksana akan diikuti 135 Pegawai Negeri Sipil (PNS) UINSA berbasis Computer Assisted Competency Tes (CACT) pada Kamis-Jumat, 11-12 Mei 2023 bertempat di Kantor Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional II Jalan Letjend. S. Parman No.6, Krajan Kulon, Waru, Kec. Waru, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

Perwakilan BKN Regional II Jatim Ir. Anang Triharjono, M.M., selaku Kepala Bidang Informasi Kepegawaian menyampaikan ucapan terima kasih kepada UINSA karena telah mempercayakan BKN Regional II untuk melaksanakan acara Pemetaan Potensi Kompetensi bagi Jabatan Pelaksana Tenaga Kependidikan (Tendik) UINSA. Ia berharap, para peserta dapat melaksanakan CACT dengan baik.

“Pelaksanaan akan dilaksanakan Hari Kamis dan Jumat, sedangkan waktu pelaksanaan adalah 4 jam 30 menit. Jadi butuh stamina yang mumpuni dan fokus yang tinggi, kami mohon Bapak/Ibu persiapkan diri dengan baik,” harapnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan beberapa hal terkait tata tertib agar pelaksanaan CACT dapat berjalan lancar dan tertib. Pertama, jangan berfikir jika waktu masih lama sehingga mengerjakan dengan santai. Kedua, tidak perlu mencontek, cukup mengerjakan sendiri dengan baik. Ketiga, menjaga situasi yang kondusif agar tidak menggangu satu sama lain.

“Dan yang terakhir adalah peserta nanti tidak diperkenankan membawa Handphone pada saat pelaksanaan, hanya boleh membawa 1 alat tulis,” tegasnya.

Prof. Dr. H. Ali Mudlofir, M.Ag., selaku Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan UINSA berkesempatan membuka acara. Dalam sambutannya, Warek mengucapkan terima kasih kepada BKN Regional II dan menyampaikan kepada peserta bahwa acara ini bukan untuk menggugurkan atau mempensiunkan pegawai.

“Kami tidak akan intervensi apapun. Sepenuhnya kami serahkan kepada BKN untuk pelaksanaan dan melaporkan kepada kami hasil dengan sebenar-benarnya,” ucapnya.

Warek juga memberikan semangat kepada para peserta agar menggunakan kesempatan ini sebaik mungkin. “Bapak/Ibu jangan khawatir ini bukan soal lulus atau tidak lulus, kami disini bertujuan untuk mengukur kompetensi Bapak/Ibu sesuai bidangnya. Untuk itu, kami ingin mengetahui sejauh mana dan apa yang mejadi potensi kompetensi bapak/ibu sesungguhnya. Jangan sampai bidang yang dikerjakan tidak sesuai dengan kompetensinya, tidak maksimal nanti. Sifatnya ini sangat individual sekali, jadi berikan yang terbaik yang paling sesuai dengan diri anda tentu semua bapak ibu punya potensi dan kompetensi,” tambahnya.

Iswahyudi Aleem, salah satu peserta CACT mangaku antusias mengikuti kegiatan ini. Baginya hal ini merupakan kesempatan yang baik bagi seluruh pegawai UINSA untuk menunjukkan potensi asli yang dimiliki masing-masing pegawai.

“Tentu kami sangat senang dengan diadakannya acara semacam ini, sebagai pegawai UINSA saya juga ingin meningkatkan kompetensi saya dan meningkatkan kinerja. Tentu pengukuran semacam ini bisa jadi solusi bagi teman-teman yang mungkin ingin menunjukkan potensi dan kompetensinya,” paparnya.

Acara dilanjutkan dengan sharing season dan penjelasan teknis aplikasi oleh Tim BKN Regional II agar peserta dapat lebih memahami teknis pelaksanaan, sebelum mengerjakan CACT pada tanggal 11-12 Mei 2023. (Cah/Humas)