Berita

Sabtu, 05 Oktober 2024, Himpunan Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab menggelar acara Tahsinul Lughoh batch 1 dengan mengangkat tema; “Mengupas Sejarah dan Analisis Proyeksi Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0”. Acara ini dimulai pada pukul 07.30 yang diselenggarakan di Student Central lantai 3 UIN Sunan Ampel Surabaya.

Acara dibuka oleh Jawad Attaqy dan Rizkika Qurroti A’yunina (Mahasiswa/i PBA semester 3) selaku Master of Ceremony. Dilanjut dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an yang dilantunkan oleh Ahmad Zidqy Azmy Hilmani (Mahasiswa PBA Semester 3), menempati acara yang ketiga yakni menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan HYMNE UINSA yang dipimpin oleh Nur ‘Aliyah Salsabila (Mahasiswi PBA Semester 3), yang kemudian dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Sambutan yang pertama disampaikan oleh Ahmad Kana Zaimuddin selaku Ketua Pelaksana Tahsinul Lughoh 2024, diikuti sambutan yang kedua disampaikan oleh Ade Rizky Hermawan selaku Ketua Himpunan Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab periode 2024/2025, dan yang terakhir yakni sambutan oleh Sekretaris Prodi Pendidikan Bahasa Arab yaitu ustadz Dr. Imam Syafi’i, S.Ag, M.Pd, M.Pd.I, yang dilanjut dengan do’a. Dan pada acara kali ini ustadz Dr. Imam Syafi’i, S.Ag, M.Pd, M.Pd.I, beliau berpesan bahwa “Kita sebagai mahasiswa jangan sampai tergerus di era zaman digitalisasi, kita harus terus berkembang mengikuti perkembangan zaman pada masa ini”.

Memasuki acara inti yakni Simposium PBA yang dibuka oleh Zuhroturrosyidah selaku moderator dan tak lupa pemateri kita yang sangat luar biasa yakni Ahmad Rifki, M.Pd. Beliau juga berpesan kepada kita semua, “Jangan menunda-nunda tugas yang didapat, manfaatkan waktu luang itu untuk mengasah soft skill dan hard skill agar setelah lulus kuliah kalian tidak kaget dengan dunia yang lebih nyata”. Simposium ini berlangsung dengan lancar, dimulai dengan pemaparan materi yang sangat informatif dan menarik yang disambung dengan sesi tanya jawab. Simposium ini tidak hanya berjalan dengan sukses, tetapi juga memberikan wawasan baru bagi semua yang hadir.

Pada acara ini, selain menyelenggarakan kegiatan utama, juga diadakan pengenalan Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMP) yang bertujuan agar anggota baru lebih mengenal struktur organisasi dan peran masing-masing divisi. Salah satu highlight dari acara ini adalah sosialisasi program unggulan dari Divisi Kebahasaan, yaitu “Mazaya,” yang menjadi program kerja besar mereka. Sosialisasi ini diharapkan dapat memotivasi peserta untuk terlibat lebih aktif dalam kegiatan kebahasaan di masa sekarang maupun di masa mendatang.

Setelah sesi pengenalan dan sosialisasi, acara berlanjut dengan Technical Meeting (TM) untuk kegiatan Tahsinul Lughoh batch 2. TM ini penting untuk mempersiapkan peserta dalam mengikuti kegiatan lanjutan terkait apa saja yang perlu di persiapkan ketika Tahsinul Lughoh batch 2. Setelahnya, para peserta berkumpul sesuai dengan kelompoknya masing-masing untuk membahas lebih lanjut terkait yel-yel, jargon, serta persiapan lain yang diperlukan.

Acara berlangsung hingga pukul 13.45 dan ditutup dengan suasana santai, di mana seluruh peserta menikmati momen rujakan bersama, diikuti dengan sesi foto untuk mengabadikan kebersamaan mereka. Momentum ini menambah keakraban dan semangat kebersamaan di antara para anggota.