Berita

Studi Visit Mahasiswa Teknik Lingkungan Angkatan 2023 UINSA di PDAM Surya Sembada Ngagel Tirto Surabaya

Mahasiswa Teknik Lingkungan Angkatan 2023 UIN Sunan Ampel Surabaya telah melaksanakan kegiatan Studi Visit yang bertempat di PDAM Surya Sembada Ngagel Tirto. Dilaksanakan secara 2 sesi dengan 2 hari pada hari Selasa tanggal 11 Juni 2024 dan pada hari Rabu pada tanggal 12 Juni 2024, dengan tema “Optimizing water use to support the 2045 gold generation mission”. Harapan dengan dilaksanakan kegiatan Studi Visit ini mampu menambah wawasan serta mengerti proses terjadinya pengolahan air hingga layak konsumsi pada Mahasiswa Teknik Lingkungan Angkatan 2023. Pelaksanaan kegiatan Studi Visit berdasarkan pada Motto pentingnya menjaga dan melestarikan air untuk kebutuhan hidup, karena sejatinya semua makhluk hidup berasal dari air yang disebutkan dalam firman Allah SWT. Yang tercantum pada Q.S Al Anbiya [21] ayat 30:
Apakah orang-orang kafir tidak mengetahui bahwa langit dan bumi, keduanya, dahulu menyatu, kemudian Kami memisahkan keduanya dan Kami menjadikan segala sesuatu yang hidup berasal dari air? Maka tidakkah mereka beriman?”(Q.S Al Anbiya [21]:30).

Kegiatan Studi Visit dilaksanakan secara 2 hari di PDAM Surya Sembada Ngagel Tirto. Sesi pertama pada Selasa, 11 Juni 2024. Kegiatan ini diawali dengan pembagian kelompok serta pemandu untuk setiap kelompok. Kemudian pengenalan serta penjelasan secara langsung di lapangan mengenai IPAM. Pelaksanaan Studi Visit dihadiri oleh 26 Mahasiswa Teknik Lingkungan UIN Sunan Ampel Surabaya kelas B angkatan 2023.

Sesi kedua Studi Visit dilaksanakan pada Rabu,12 Juni 2024. Pada Studi Visit kedua ini dilakukan pengenalan serta penjelasan mengenai IPAM di lapangan secara langsung. Studi Visit dihadiri sebanyak 39 mahasiswa Teknik Lingkungan UIN Sunan Ampel Surabaya kelas A Angkatan 2023. Pada akhir kegiatan diadakan sesi dokumentasi bersama serta penyerahan cinderamata pada pihak PDAM Ngagel Tirto.

Demikian dengan diadakannya kegiatan Studi Visit ke PDAM Ngagel Tirto Surabaya, diharapkan dapat menambah ilmu dan wawasan mahasiswa teknik lingkungan angkatan 2023 mengenai proses pengolahan air bersih.