Berita

Studi Visit ke IPLT Keputih Surabaya oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan UIN Sunan Ampel Surabaya

Studi Visit merupakan kunjungan ke instansi/LSM terkait yang berhubungan dengan keprofesian teknik lingkungan untuk mengetahui bagaimana mengimplementasikan ilmu Teknik Lingkungan. Sebagai mahasiswa dalam bidang teknik lingkungan, mahasiswa sudah mendapat banyak materi mengenai keilmuan teknik lingkungan di dalam kelas perkuliahan. Namun sebagai mahasiswa sudah sepatutnya tidak hanya memahami teori yang ada, tetapi juga ikut andil dalam meninjau lapangan yang sebenarnya. Program kerja study visit merupakan salah satu inovasi dari HMTL UINSA untuk mewadahi mahasiswa teknik lingkungan UINSA agar dapat observasi langsung ke suatu perusahaan ataupun Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) terkait bidang keilmuan teknik lingkungan. Diharapkan mahasiswa mampu menerapkan ilmu yang diperoleh dengan melakukan pengamatan atau percobaan secara langsung.

Kegiatan study visit II ini dilaksanakan pada tanggal 22 September 2023 pada pukul 08.30 -11.00 WIB pada sesi 1 dan sesi kedua dilaksanakan pukul 11.00-15.00 WIB yang dalam kunjungan kali ini.bekerja sama dengan instansi IPLT Keputih Surabaya.

Kegiatan yang bertema “Improvement of Black Water Management with Different Experience”ini diikuti oleh warga HMTL UINSA dengan total peserta sebanyak 57 orang dan motto dari kegiatan ini yaitu:

Dari Abu Umamah Al Bahili RA, Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya air itu tidak ada yang dapat menajiskannya kecuali yang merubah bau, rasa dan warnanya”. (HR. Ibnu Majah).

Acara berjalan lancar dari awal hingga akhir dan didampingi oleh Bapak/Ibu Dosen TL UINSA dengan rangkaian acara yang diawali kata sambutan dari perwakilan IPLT Keputih Surabaya dan Bapak/Ibu Dosen selaku pendamping kegiatan.

Pihak IPLT Keputih Surabaya memaparkan materi pengenalan tentang sistem pengelolaan dan pengolahan lumpur tinja kepada mahasiswa, kemudian sesi tanya jawab terkait materi yang sudah dipaparkan rangkaian acara ini dilakukan di dalam ruangan IPLT Keputih Surabaya, dilanjutkan dengan kegiatan diluar ruangan mahasiswa didampingi oleh staff operasional unit pengolahan lumpur tinja di IPLT tersebut. Kegiatan diluar ruangan tersebut bertujuan agar mahasiswa mengetahui bentuk realisasi dari materi tentang pengolahan limbah ( lumpur tinja ) sehingga dapat menambah wawasan mahasiswa.

Di akhir acara ditutup dengan sesi dokumentasi bersama dan pemberian cinderamata oleh pihak HMTL UINSA kepada IPLT Keputih Surabaya.

Demikian dengan diadakannya kegiatan ini dapat menambah pengetahuan mahasiswa dalam keprofesian dan sebagai penunjang mata kuliah terkait, sehingga dapat berguna saat di dunia kerja.